Aman dan Nyaman Belanja Online dengan TIKI

12:35:00 AM

Assalamualaikum...

Belanja online, adalah salah satu kebiasaan yang terbentuk di masa pandemi ini. Mengapa ?

Karena di masa pandemi ini kegiatan masyarakat sedang dibatasi terutama dengan aturan PPKM yang berlaku, maka kegiatan jual beli pun pelan - pelan beralih mengunakan teknologi secara online. Walaupun demikian menurut saya kegiatan jual beli online ini dapat memberikan keuntungan juga loh, baik dari sisi seller ( penjual ) maupun dari sisi buyer ( pembeli ).

Dari sisi pembeli :

Sebagai pembeli, menurut saya belanja online ini memudahkan sekali.

Karena kita dapat membeli berbagai macam kebutuhan dengan menggunakan smartphone saja tanpa harus keluar rumah. Saat ini berbagai kebutuhan mulai dari produk rumah tangga, makanan, sembako sampai bahan makanan segar seperti sayuran dan buah pun dapat kita beli secara online. Apalagi strategi penjualan online biasanya menggunakan berbagai macam promo diskon / potongan harga yang menarik sehingga para pembeli akan merasa senang berbelanja secara online.

Dari sisi penjual : 

Sebagai penjual, menurut saya kegiatan online ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk juga, karena dalam situasi pandemi kegiatan masyarakat dibatasi sehingga mereka jarang berpergian keluar rumah. Selain itu, penjualan online pun dapat mengurangi biaya operasional karena bisa memangkas biaya untuk membuka toko offline.


Aman Dan Nyaman Berbelanja Online.

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti kegiatan webinar bersama TIKI, dan KEB ( Kumpulan Emak Blogger ) yang judulnya Aman dan Nyaman Berbelanja Online.

Webinar TIKI x KEB

Webinarnya menarik sekali karena ada salah satu narasumber yaitu mak Rina, yang berbagi cerita tentang awal mula ia memulai bisnis tanaman online di masa pandemi. Cerita mak Rina ini menjadi motivasi bagi para peserta termasuk saya untuk jangan takut jika ingin memulai bisnis online, tips yang mak Rina berikan jika ingin memulai bisnis online adalah sebagai berikut :

- Jangan takut memulai walaupun dengan modal yang tidak besar.

Hal Ini adalah salah satu keuntungan bisnis online, karena kita bisa memulai berjualan dari rumah. Sehingga jangan khawatir jika kita memiliki modal terbatas, kita bisa memulai usaha dari bawah sambil pelan - pelan mencoba mengembangkan bisnis kita kedepannya.

- Mencoba membaca kebutuhan pasar saat ini.

Menurut mak Rina, masa pandemi ini sebenarnya membuka berbagai peluang pasar baru misalnya saja bisnis tanaman online yang ia geluti. Karena saat ini kegiatan masyarakat mulai dibatasi, maka banyak yang tertarik untuk merawat tanaman di rumah sebagai pelepas penat, oleh karena itu mak Rina coba memberanikan diri untuk berjualan online tanaman. Selain itu masih banyak lagi peluang yang bisa kita cari untuk memulai bisnis online, terutama dalam hal kegiatan hobi dan kuliner. Selamat mencoba ya :)

- Menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya.

Ekspedisi pengiriman memang menjadi salah satu hal yang paling penting dalam bisnis online. Karena ekspedisi ini lah yang menjamin keamanan produk kita sampai kepada pembeli.


TIKI

Teman - teman semua pasti sudah familiar dengan ekspedisi yang satu ini kan, yaitu TIKI.

Aplikasi TIKI

Tiki adalah salah satu ekspedisi yang sudah sangat berpengalaman, berdiri sejak tahun 1970 hingga saat ini TIKI memiliki jaringan operasional yang sangat luas di 65 kota besar di indonesia, 500 kantor perwakilan dan lebih dari 3700 gerai, jadi kalau ngomomgin ekspedisi yang berpengalaman, TIKI ini salah satunya.

Sebagai penjual online, saya adalah salah satu pengguna TIKI sebagai jasa pengiriman produk, dan Alhamdulillah selalu aman sampai ke tempat tujuan. Sehingga TIKI adalah salah satu ekspedisi andalan saya terutama untuk pengiriman ke kota - kota kecil di seluruh Indonesia. Berikut ini kelebihan ekspedisi TIKI menurut pengalaman saya :

- Pengiriman TIKI tepat waktu dan memiliki jaminan keamanan barang.

- Ongkos kirim TIKI cukup terjangkau dibandingkan dengan ekspedisi lainnya, sehingga tidak memberatkan pembeli.

- TIKI memiliki jangkauan pengiriman yang luas, karena memiliki gerai yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

- Saat ini TIKI memiliki aplikasi yang memudahkan penjual melakukan pemesanan, cek tarif ongkos kirim dan tracking paket dengan menggunakan resi pengiriman.

cek tarif dan tracking TIKI

- TIKI juga memiliki layanan pengiriman yang sangat beragam, sehingga baik pembeli atau penjual dapat memilih layanan sesuai dengan keperluan.

Layanan TIKI

- dan yang paling penting di masa pandemi ini TIKI adalah salah satu ekspedisi yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam proses pengirimannya.


TIKI di masa pandemi...

Di masa pandemi ini selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, TIKI pun mendukung para pebisnis online dengan cara menambahkan layanan baru sebagai berikut :

1. Layanan PUTAR ( Jemput Antar )

Layanan ini sementara berlaku untuk DKI Jakarta dan sekitarnya. Pada layanan jemput - antar ini kurir TIKI akan langsung melakukan penjemputan paket dan mengantarkannya di hari yang sama, proses pengiriman berlangsung sekitar 3 jam dengan biaya flat sebesar Rp 15.000,- saja. Tersedia nomor whatsapp 08981500125 untuk melakukan pemesanan.

2. Layanan JEMPOL ( Jemput Online )

Untuk layanan jemput online ini dapat dilakukan melalui aplikasi TIKI. Caranya dengan melakukan pemesanan via Aplikasi TIKI, lalu Customer Service akan mengkonfirmasi via telepon untuk memastikan lokasi penjemputan dan menentukan waktu penjemputan. Setelah itu kita tinggal tunggu kurir TIKI datang ke rumah untuk jemput paket kita.

3. Layanan SERLOK ( Seller Booking Online )

Layanan ini adalah bentuk support TIKI untuk para UMKM dan pebisnis online di masa pandemi, karena TIKI menyediakan komisi atau harga khusus untuk jasa pengirimannya. Selain itu ada fasilitas free pickup dan pembayaran H+2 setelah pengiriman yang dapat digunakan oleh pengguna layanan ini. Untuk menggunakan layanan ini kita bisa mendaftarkan diri dulu sebagai member pada aplikasi TIKI, setelah itu baru kita dapat menggunakan layanan SERLOK.

Untuk para pembeli pun jangan khawatir, karena TIKI selalu menerapkan protokol kesehatan dalam proses pengiriman barangnya, seperti :

- Menyediakan hand sanitizer di setiap gerai TIKI

- Melakukan penyemprotan disinfektan di setiap gerai dan produk yang akan dikirimkan.

- Memastikan kesehatan kurir dan staff yang bekerja dengan melakukan pengecekan suhu setiap hari

- Menerapkan jaga jarak antara staff dan konsumen ketika melakukan transaksi.

TIKI selalu berusaha untuk memastikan paket diterima pembeli dengan aman dan bebas dari virus.

So, jangan ragu untuk memilih TIKI sebagai jasa pengiriman yang bisa diandalkan ya! Semoga para UMKM dan pebisnis online semua diberi kemudahan dalam menjalankan usahanya dan selalu semangat melakukan proses penyesuaian dengan kondisi pandemi yang sedang dialami saat ini.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images