Membahas Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan bersama parenting club ID

12:45:00 PM

Assalamualaikum...

Di masa - masa awal kehamilan, terutama hamil anak pertama biasanya moms banyak mendengar tentang mitos - mitos seputar kehamilan. Saya pun mengalaminya dan sering sekali dibuat bingung tentang kebenaran mitos tersebut. Dan pastinya googling itu bukan salah satu jalan keluar, yang ada malah semakin bingung karena berbagai pendapat yang pro - kontra dan bukan langsung bersumber dari ahlinya.
Hayoo siapa yang pernah ngalamin hal itu ?? #sayaangkattangan :)
clozetteIDxParentingclub
Beruntung, saya bisa hadir di event yang diadakan oleh Parenting Club ID dan Clozette, yaitu talkshow yang membahas mitos dan fakta seputar kehamilan dengan narasumber dokter spesialis kandungan Dr. Dinda Derdameisya Sp.Og dan artis cantik Nina Zatulini. Informasi yang saya dapatkan bermanfaat sekali, lumayan mengurangi kekhawatiran saya tentang mitos - mitos yang pernah saya dengar, Alhamdulillah :)

talkshow
parentingclubID
Saya mau sharing beberapa mitos yang sempat dibahas yaa, siapa tau bisa berbagi dengan beberapa teman seperjuangan yang sedang hamil juga :)
1. Minum air es bikin bayinya besar.
Mitos ini kayanya yang paling sering kita dengar ya, tapi ternyata menurut dr.Dinda bukan air es nya yang membuat bayi besar, melainkan gula yang terkandung dalam campuran air es ( read : es teh manis, minuman kemasan manis, dll). Jadi minum air mineral dingin itu bukan masalah moms, yang dihindari itu seringnya mengkonsumsi minuman manis yang dingin.

2.  Olahraga aman gak sih untuk ibu hamil ?
Nah untuk yang satu ini, kita harus melihat riwayat ibunya dulu. Jika memang si ibu sudah rajin olahraga dari sebelum hamil atau kondisi ibu dan bayi dalam kondisi sehat dan normal, maka tidak akan ada masalah untuk melakukan beberapa olahraga ringan seperti jalan kaki atau mengikuti prenatal yoga ketika sedang hamil. Berbeda cerita jika si ibu memiliki riwayat kandungan lemah atau gangguan dengan kehamilannya yang memang disarankan untuk tidak melakukan aktifitas yang berlebihan maka tidak disarankan untuk melakukan olahraga. Karena pada dasarnya olah raga ketika hamil itu bisa menjadi relaksasi sekaligus melatih otot - otot ibu untuk mempersiapkan kelahiran nanti.

3. Makan durian bisa membuat keguguran.
Untuk durian lovers jangan khawatir nih, karena sebenarnya makan durian ketika hamil itu boleh - boleh saja. Tidak ada uji klinis yang menyatakan bahwa durian berbahaya untuk ibu hamil, hanya memang tidak boleh berlebihan karena kadar gula dalam buah durian yang cukup tinggi. Terutama untuk ibu hamil dengan penyakit diabetes sebaiknya menghindari mengkonsumsi durian selama masa kehamilannya.

4. Jika ingin anak perempuan atau laki - laki sebaiknya konsumsi A, B, atau C ketika hamil.
Nah kalau ini menurut dr.Dinda sebenarnya penentuan jenis kelamin anak sudah terjadi ketika masa pembuahan, dan yang menentukan adalah kromosom bawaan sperma suami. Jadi belum ada uji klinis yang menyatakan bahwa makan makanan tertentu dapat menentukan jenis kelamin anak.

Sebenarnya masih banyak mitos atau fakta yang dibahas, tapi jangan khawatir moms kita bisa mengakses informasi tersebut dari websitenya www.parentingclub.co.id loh. Banyak informasi yang bisa kita dapat disana dan bukan hanya tentang kehamilan tapi juga tentang persiapan kehamilan maupun tentang tumbuh kembang anak. Dan jangan khawatir informasi yang disediakan langsung bersumber dari ahlinya ya moms, jadi bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
Selain berbagi informasi, di event kemarin juga para moms diajak untuk melukis diatas pushie atau bantal kecil, seru dan menyenangkan. Hasil lukisannya pun lucu - lucu dan lumayan bisa menjadi alternatif untuk melepas stress juga loh :)
melukis pushie (1)

melukis pushie (2)
Tentang Parenting Club ID

Parenting Club ID adalah sebuah website yang memuat berbagai informasi penting seputar kehamilan dan tumbuh kembang anak. Untuk yang penasaran, bisa langsung akses websitenya disini www.parentingclub.co.id ya. Website yang sangat informatif untuk moms yang mencari informasi seputar persiapan kehamilan, menjalani masa - masa kehamilan, dan tentang tumbuh kembang anak.
parentingclub.co.id

Contohnya ketika saya pertama kali akses, langsung tertarik dengan menu kehamilannya dan benar saja banyak sekali artikel - artikel informatif yang disesuaikan dengan usia kandungan kita bahkan ada Pregnancy Due Date Calculator sehingga kita bisa tahu tanggal perkiraan persalinan kita. Tinggal masukan hari pertama siklus menstruasi lalu akan keluar perkiraan tanggal dari mulai bulan ke-1 sampai bulan ke-9 berikut dengan notes yang harus kita persiapkan di bulan kehamilan tersebut.
pregnancy due date calculator

Dan untuk moms yang sedang mempersiapkan kehamilan, di website parentingclub.co.id ini juga terdapat Smart Ovulation Calendar, dimana kita dapat menghitung kapan masa subur kita dan perkiraan tanggal terjadinya ovulasi. Sangat membantu sekali dalam perencanaan kehamilan ya :)

smart ovulation calendar
Selain itu ada informasi seputar tumbuh kembang anak mulai dari 0 - 6th loh moms. lengkap banget kan! Jangan lupa manfaatkan juga fitur Smart Consultation untuk bertanya hal - hal lain seputar kehamilan dan tumbuh kembang anak yang akan dijawab langsung oleh ahlinya.
cuss langsung deh akses dan registrasi di websitenya www.parentingclub.co.id ya moms :)

smart consultation



You Might Also Like

23 komentar

  1. Seruu yaa, banyak sekali mitos dan fakta yang masih membelenggu para ibu hamil, dirimu sehat2 yaa bumil

    ReplyDelete
  2. parenting club keren banget nih, menemani para ibu hamil dengan informasi yang sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener teh, informatif banget websitenya juga :)

      Delete
  3. seru sekali acaranya, ada sesi painting juga lagi.
    jadi pengen hamil lagi, seru yaa sekarang banyak komunitas dan seminar untuk ibu2 hamil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau ada komunitasnya gini jadi bisa sharing sesama para bumil ya teh :)

      Delete
  4. Durian jd mitos yang paling sering banget diomingin sama orang orang selama hamil ini, jadi parno sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. terutama untuk durian lovers ya, pasti jadi parno

      Delete
  5. waaaaw infonya oke banget nih teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi rara, bisa jadi bekal buat nanti kalau hamil ya :)

      Delete
  6. Iyap betul. Kadang semakin Googling semakin pusing ya Teh kalau nyasar dan ketemunya sama web yang tulisannya ngaco

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget teh, jadi mending langsung tanya ke ahlinya ya :)

      Delete
  7. Hamil pertama memang biasanya bingung sama mitos, tapi kalo udah hamil ke3 kayak aku sih udah lebih tenang, kebal dan cuek, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya gitu ya teh..
      sehat2 ya teteh dan debay, nanti kita playdate bareng, hehe :)

      Delete
  8. Inggaaa..aiih sekarang Bumil cantik mulai aktif lagii, seneeng,,semangaat!
    Iya nih kadang mitos bikin parno ya, tapi balik lagi ke kepercayaan masing2 deh. Sehat selalu ya Bumil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi alhamdulillah teh, harus semangaat :)
      teteh juga sehat selalu yaa

      Delete
  9. Orang kita memang penuh mitos ya. Selalu saja ada mitos yg menyertai di beberapa fase kehidupan termasuk saat hamil dan melahirkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah betul sekali teh, harus pintar2 cari informasi yang akurat ya sekarang :)

      Delete
  10. Senangnya jaman sekarang hamil sudah tersedia informasi yang komplit. Jaman saya dulu harus rajin baca majalah ayah bunda dan keburu ngantuk bacanya hehehehheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya sekarang sudah dipermudah dengan banyaknya komunitas dan event untuk ibu hamil ya :)

      Delete
  11. Kalau ada event lagi ajak-ajak ya teh :)

    ReplyDelete
  12. Wah baru tahu ada mitos ibu hamil nggak boleh makan durian

    ReplyDelete
  13. Acaranya seru banget. Banyak ilmu pengetahuan yang dishare di sini. Makasih udah berbagi ya, Teh. :)

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images