Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

1:08:00 PM

Assalamualaikum...

"Yogyakarta itu terbuat dari rindu, pulang dan angkringan." - Joko Pinurbo

ya, saya memang sedang rindu dengan kota yang satu ini, Yogyakarta.
setiap sudut kota dengan segala keramahannya selalu memberikan cerita dalam setiap perjalanan saya disana. Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan suasana kota atau angkringannya saja, tapi juga dengan wisata alam mulai dari pantai hingga pegunungan. Setelah bercerita tentang salah satu pantai yaitu Pantai Glagah dan cerita tentang Gunung Merapi, salah satu yang membuat saya sulit untuk "move on" adalah pengalaman pertama mencoba Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Baca juga : Sunyi di Pantai Glagah, Kulon Progo dan Serunya Lava Tour Merapi
 
Gumuk Pasir

Ada yang tahu Sandboarding ?
Sandboarding itu semacam olah raga berselancar menggunakan papan yang biasa dilakukan di gurun pasir atau diatas gundukan pasir. Nah ternyata di Indonesia ini bisa kita jumpai juga yang namanya gurun pasir loh, atau disebut juga gumuk pasir.

"Gumuk pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah besar." - Ikram (travel.kompas.com)

Salah satu yang terkenal hingga saat ini adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di Kabupaten Bantul. Jenis gumuk pasir ini adalah tipe barchan yaitu memiliki ketinggian sekitar 5 - 15 meter sehingga aman untuk permainan Sandboarding. Gumuk pasir ini juga ternyata pernah dijadikan lokasi syuting video klip Agnes Monica - Matahariku.

Menurut saya, waktu yang paling pas untuk mengunjungi gumuk pasir adalah sore hari dimana cuaca sudah mulai teduh, sehingga kita tidak akan terlalu kepanasan ketika bermain diatas pasir. Gak kebayang juga sih kalau pas panas terik pasti pasirnya ikutan panas juga kan :(

Saya mengunjungi gumuk pasir ini sekitar pukul 4 sore dimana matahari sudah mulai akan terbenam, dan kebetulan pengunjungnya sedang relatif sepi. Tidak ada biaya masuk di gumuk pasir ini, hanya ada biaya parkir saja sekitar Rp 10.000,- untuk roda 4.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Sesampainya disana, saya melihat pemandangan yang jarang sekali saya lihat, yaitu hamparan padang pasir yang sangat luas. Rasanya saya pengen lari kesana sini ngitarin padang pasir, hahaha maaf ya norak. Maklumin aja anak kota kan memang jarang liat pantai, gunung apalagi padang pasir.

Untuk bermain sandboarding atau seluncur pasir, kita harus menyewa papan seluncurnya terlebih dahulu. Harga sewanya Rp 100.000,- /papan sepuasnya sampai cape kata abangnya :D memang kalau sepi sepertinya sewa papan seluncur jadi bisa sepuasnya, kurang tau kalau pengunjung sedang ramai mungkin ada batasan waktu penyewaan. Setelah sewa kita akan ditemani ke lokasi yang cocok untuk berseluncur, nah disana kita akan diajari caranya berseluncur yang baik dan benar. Tenang, untuk yang belum bisa, saya pun sama kok :D ini pengalaman pertama saya berseluncur diatas pasir. Excited sekaligus agak ngeri juga pada awalnya, tapi karena ditemani oleh ahlinya jadi merasa cukup tenang untuk mencoba.

Lokasi Sandboarding

Practice makes perfect ???
Tidak berlaku sepertinya untuk saya nih, ketika mencoba sandboarding ini saya belum bisa berhasil meluncur mulus dari atas sampai bawah. Paling lumayan 3/4 jalan lalu saya jatuh, hehehe... sudah dicoba berulang kali tetap jatuh, giliran berhasil itu ketika saya berseluncur sambil duduk #lumayan #iyainaja. Tapi ini benar - benar pengalaman yang seru banget dan harus dicoba! sensasi jatuh atau terguling dipasir itu seru loh. percaya deh...
Tips hemat sandboarding : sewa 1 papan untuk 2 - 3 orang bergantian saja pakainya, karena sandboarding itu cukup menguras tenaga loh! pas seluncur ke bawahnya sih seru, tapi pas jalan naik lagi ke atas bukit itu yang lumayan cape, hehe.

Sandboarding Time!

Hari sudah semakin sore, tidak terasa hari sudah akan gelap dan kami harus segera pulang ke penginapan. Anggaplah belum berhasilnya saya sandboarding dengan mulus itu sebagai pertanda saya harus mengunjungi gumuk pasir Parangkusumo lagi suatu hari nanti, aamiin...

Senja di Gumuk Pasir

wanna join???

You Might Also Like

22 komentar

  1. Seruuu prosotan gitu yaa Mbak :D musti coba nich kalo kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, perosotan di pasir pakai papan seluncur :D
      wajib di coba nih kalau liburan di Yogyakarta

      Delete
  2. Wah deket nih dari Purworejo. Mau ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat seru2an mencoba sandboarding mba :)

      Delete
  3. Waaaant! Hehehehe.. Yogya punya banyak spot keren juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, mau wisata kota atau wisata alam ada semua di Yogya

      Delete
  4. Yogya emang ngangenin! Semoga nanti bisa coba sandboarding, tfs Ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, ini bisa jadi salah satu alternatif wisata alam Yogyakarta

      Delete
  5. Replies
    1. iya mba, main prosotan diatas pasir tapi :D

      Delete
  6. Kayaknya seru main perosotan dipasir..
    tapi kalo jatuh sakit gak sih mbak..

    kalo bisa sambil posisi berdiri makin seru kali ya berasa main surfing dipantai tp gak takut tenggelam..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sakit mba, pasirnya empuk hehehe :D
      cuma kalau jatuh harus mingkem supaya pasirnya gak masuk ke mulut

      Delete
  7. Nongol di Filosofi Kopi 2 nih, serunyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah belum nonton filosofi kopi 2 :(

      Delete
  8. Ini sih mainanku jaman kecil. Kalau ke pantai bareng temen2 trus seluncuran pake sesuatu yg bisa dinaikin dan bisa ditarik, pelepah pinang misalnya. Maklumin aja, anak pantai. hihi

    ReplyDelete
  9. Kebayang main diprosotan pasir, asik kali yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget teh, tapi lumayan bikin cape :D

      Delete
  10. Replies
    1. agak bedanya mungkin ini pasirnya berbentuk gundukan2, kaya padang pasir beneran deh pokonya hehe

      Delete
  11. Wah baru tau ada Gumuk Pasir Parangkusumo ini, klo ke Jogja, nyoba kesana ah :)

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images