Musim Semi di Richmond Riverside

12:47:00 AM

Assalamualaikum...

Apa kabar readers ???
Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan selalu bersyukur atas karunia illahi yang tak terhingga dalam setiap kehidupan kita :) Sudah lama rasanya saya tidak berbagi pengalaman - pengalaman mengunjungi tempat - tempat yang baru, dan kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman musim semi pertama saya di Richmond, kota kecil di sebelah barat London. Tulisan ini dalam rangka menyambut musim semi yang sebentar lagi akan tiba dan walaupun di Indonesia tidak ada yang namanya musim semi, semoga dengan tulisan ini setidaknya bisa menggambarkan bagaimana suasana musim semi di negara lain khususnya di kota Richmond. Selamat melihat pemandangan yang hijau - hijau selama membaca postingan ini yaa :)

Richmond Riverside
Musim semi adalah salah satu musim yang kehadirannya selalu ditunggu. Bagaimana tidak, karena selain suhu yang sudah mulai hangat, bunga - bunga yang mulai bermekaran pun menjadi pemandangan yang selalu dinantikan. Pada tahun lalu alhamdulillah saya bisa menikmati musim semi di Richmond, yaitu salah satu kota di sebelah barat London yang jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 menit menggunakan kereta district.

Menurut teman saya yang sempat tinggal disana, Richmond ini merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh penduduk lokal untuk menghabiskan akhir pekan mereka jika cuaca sedang bagus. Kebetulan pada weekend itu cuaca sangat bersahabat dan akhirnya saya pun memutuskan untuk mengunjungi kota yang satu ini.

Richmond adalah kota yang dilalui oleh Sungai Themes, daerahnya sangat subur sehingga banyak taman atau ruang terbuka hijau disana. Salah satu yang dikenal adalah The Royal Park yang luasnya sekitar 445 hektar. Sangat luas sekali kan??? dan katanya jika kita beruntung kita dapat bertemu dengan rusa liar, tapi sayangnya pada hari itu sepertinya saya datang kesiangan sehingga suasananya sudah cukup ramai dan biasanya rusa sudah enggan untuk menampakan diri. Mungkin lain kali kalau ada rezeki bisa kesana lagi, saya akan berangkat lebih pagi , hehehe *aminin aja*

Sungai Themes
Begitu sampai di kota ini, saya sangat suka dengan suasana kotanya yang tenang, tidak seperti di London dimana pemandangan sehari - hari yang saya lihat adalah seputar hiruk pikuk orang - orang yang mengejar bis atau tube untuk sekolah, bekerja atau berkegiatan lainnya. Jadi wajar saja jika Richmond menjadi lokasi favorit untuk me-refresh pikiran di kala weekend tiba, dan katanya kota ini adalah salah satu tempatnya konglomerat di UK tinggal sehingga banyak juga selebritis yang memiliki rumah peristirahatan disini, walaupun kemarin sih saya gak sempat ketemu siapa - siapa juga, hehehe.

weekend peoples
salah satu  sudut kota Richmond
Menikmati Richmond dikala musim semi sebaiknya dimulai dari berjalan menyusuri pinggiran Sungai Themes hingga sampai ke Royal Park. Jika berani kita pun dapat mencoba menyewa canoe untuk menyusuri sungai, tapi saya sih belum punya pengalaman mendayung canoe sendiri jadi kemarin tidak berani untuk mencoba, hehe. Seperti biasa saya lebih memilih untuk menyusuri kota, mencoba " act like a local " untuk menikmati suasana baru yang tidak pernah saya rasakan di tempat saya tinggal. Dan inilah beberapa pemandangan yang berhasil saya abadikan selama menikmati perjalanan di Richmond :)

tepi sungai Themes
the ducks
sudut lainnya kota Richmond
sungai rasa pantai :D
Richmond
Spring is coming to town!
flowers
Tips menikmati kota Richmond ala masyarakat lokal di musim semi :

  1. Datang lebih pagi, sehingga bisa memulai perjalanan dengan menyusuri Sungai Themes terlebih dahulu sampai ke The Royal Park. dan jika beruntung bisa bertemu dengan rusa.
  2. Membeli ice cream yang banyak dijual dengan menggunakan mobil disana. Harganya tidak mahal mulai dari £2 dan bisa dinikmati selama berjalan kaki menyusuri Sungai Themes, niscaya akan menjadi ice cream terenak yang pernah dicoba, hahaha *hiperbola*
  3. Jangan lupa memakai sepatu atau sendal yang nyaman agar kaki tidak mudah pegal karena kita akan banyak berjalan kaki.
  4. Mengajak teman dan membawa perbekalan makanan, sehingga kita bisa piknik makan siang sambil menikmati pemandangan The Royal Park.
  5. Jika ingin berjemur, bisa membawa alas tiduran yang nyaman lengkap dengan menyiapkan novel dan playlist musik favorit terlebih dahulu.
  6. Yang paling penting jangan lupa membawa perlengkapan dokumentasi yang lengkap karena banyak spot foto yang bisa diabadikan.
Jika cape berjalan, bisa melipir sambil tiduran
melipir kesekian kalinya :))
ice cream, yummy!
The Royal Park
Hari Sabtu saya pada waktu itu sangat cepat berlalu, sehingga tidak terasa hari sudah sore dan harus segera kembali ke London. Pengalaman dan pemandangan musim semi selama di Richmond tidak akan saya lupakan dan semoga bisa kembali kesana lagi untuk menikmati sisi lain dari kota ini.

spring smile :)
Hello Spring

" Hello spring, I missed your green grass, warm sunshine, and beautiful flowers "


You Might Also Like

22 komentar

  1. Pemandanganya cakep banget ya, taman di luar negeri emang cakep krn cuacannya juga ngak bakalan panas banget dan bkn keringetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cuacanya ga bikin banjir keringet ya jadi banyak jalan kaki pun ga masalah :)

      Delete
  2. Tsakep amaaaat.. amiin smoga ingga bisa kesana, sm aku tp yaaa, ahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. musim semi selalu cakep mba, hehe kita AAMIIN yang kenceng bareng2 yaaa :D

      Delete
  3. Iiish seneng ya liat pemandangan ijo2 gitu, apalagi ada kuda liar yg lagi makan rumput.. bisa piknik2 syantiek pulak, ngga macam disini, lapangan hijau kok kayaknya kurang asyik buat piknik karena kotor & banyak sampah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di indonesia kesadaran orang2 nya masih kurang ya mba, sayang banget padahal banyak lahan yang bisa dipake untuk ruang terbuka hijau :(

      Delete
  4. Wah Mak telat juga autumnya ya, saya sekarang udah mau masuk spring... walau suhu masih galau-galau dingin gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sudah mau masuk spring ya sekarang

      Delete
  5. Dua musim yg aku suka autumn sama spring. Ahhhhh kebayang banget suasananya. Thanks for sharing ya, Ingga. 😘😘😘

    ReplyDelete
  6. Ice creamnya mengalihkan perhatianku loh, Ingga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha si eskrim memang bikin salah fokus yaa :D

      Delete
  7. Senang rasanya bisa jalan-jalan di taman sambil menikmati pemandangan musim semi yang indah, semoga aku bisa melukis disana aamiin, tfs Ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita doain mba semoga kota2 di Indonesia kedepannya lebih banyak ruang terbuka hijau yang bersih ya, jadi gak perlu jauh2 ke luar negeri untuk menikmati taman2 indah, hehe aamiin :)

      Delete
  8. Sist kamu mainnya jarambah ya nyampe London, gimana Zayn Malik sehat? hahaha
    Asik ya musim semi disini, woles banget bisa menikmati hidup jigana teh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarambah dengan kekuatan tiket promo dan nebeng tinggal sist, hahaha :D
      hayu atuh kita kemana, sakota tapi hese rek bersua teh nya, hiks

      Delete
  9. Musim seminya bikin mata segar, banyak bunga mekar dan pohon yang hijau ditambah es krim pula, perfect.
    Enakeun banget ini mah, bikin menghayal :D
    Salam kenal sista :)

    ReplyDelete
  10. Wah cantiknya yaa.. semoga kita bisa sama2 kesana ya ingga (ingga lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. ayok mba kita jalan - jalan bareng :)

      Delete
  11. Hijaunya itu asri banget...

    ReplyDelete
  12. Bersiih dan indah banget.atmosfer inggris memang keliatan nyaman ga panas menyengat ya.seandainya di indonesia ada tempat seperti ini pasti cepet kotor hiks

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images