Wisata Halal ke Korea Selatan ???

5:39:00 PM

Assalamualaikum...

Korea Selatan itu selalu menjadi tempat yang ingin saya kunjungi sejak demam drama korea mulai merajalela di Indonesia. Entah kenapa setiap sudutnya selalu menggambarkan keindahan di mata saya *iya yang ini lebay* hahaha. Tapi jujur karena saya suka dengan drama korea nih jadilah korea selatan ini menjadi urutan teratas wishlist negara yang ingin saya kunjungi dan terwujud di tahun 2015, Alhamdulillah :)

Hanbok, baju tradisional korea selatan
Menjelang penghujung 2015, tepatnya pada bulan November saya berkesempatan mengunjungi negara Korea Selatan. Apakah saya senang ? tentunyaa! saya sampai tidak sabar menunggu tanggal keberangkatan tiba tapi sekaligus khawatir karena ini pertama kalinya saya flight sendiri terpisah dari rombongan yang nanti akan bertemu di bandara Incheon. Selain itu kekhawatiran yang paling utama adalah karena negara yang akan saya kunjungi tersebut bukan negara mayoritas muslim, sehingga banyak pertanyaan yang hilir mudik di pikiran saya tentang,

"Bagaimana kalau tidak ada yang mengingatkan waktu shalat selama saya disana ?" atau
.
"Bagaimana menemukan tempat untuk melakukan shalat selama perjalanan disana ya?" atau
.
"Bagaimana caranya dapat makanan halal disana ya?" dan masih banyak lagi...

Istana Gyeongbokgung
Dan ternyata benar adanya, saya mengalami sedikit kesulitan untuk beribadah dan menemukan makanan halal di beberapa lokasi. Salah satu cerita ketika saya sedang mengunjungi tempat wisata Korean Folk Village yaitu desa buatan yang menyerupai Korea pada jaman dahulu. Lokasinya sendiri lumayan jauh dan sangat luas sehingga memang membutuhkan waktu hampir seharian untuk mengunjungi dan mengelilingi tempat ini yang artinya saya harus melakukan shalat dzuhur dan ashar di tempat ini. Untunglah saya bersama teman yang sudah pernah kesana sebelumnya dan dia menyarankan kita untuk membawa bekal makan siang karena disana cukup sulit mendapatkan makanan halal. Akhirnya saya memutuskan membeli nasi instant dan telur rebus di mini market lalu ditambah bekal sang penyelamat ind*mie goreng yang sudah dimasak sebelumnya di penginapan. Sebagai pelengkap kami jajan nugget ayam di salah satu restoran cepat saji dekat penginapan, yang bismillah mudah - mudahan halal karena tempat tersebut hanya menjual makanan jenis ayam saja oleh karena itu saya berani untuk membeli makanan dari sana.
Cukup repot ya persiapan bekalnya ? hahaha lumayan sih tapi harus dibawa santai dan seru, namanya juga lagi liburan ya kann x) padahal sebenernya saya wondering juga, seandainya saja pada saat itu paket liburan halal tour ke Korea Selatan sudah banyak seperti sekarang ini pasti saya tidak akan kesulitan untuk mencari makanan halal yang bisa dikonsumsi.

Di depan Korean Folk Village
Korean Folk Village
Belum selesai ceritanya, ketika jam makan siang tiba akhirnya kami membuka bekal makanan dan ternyata makanan kami semua dalam kondisi dingin seperti baru dikeluarkan dari kulkas loh, hehe karena pada saat itu cuaca Seoul cukup dingin dibawah 10 derajat celcius. Tapi karena perut kami sudah lapar akhirnya bekal makanan pun dilahap sampai habis tak bersisa *antara lapar dan doyan memang beda tipis ya* hehehe :p

Ini dia makanan perbekalan yang dingin x)
Selepas makan siang kami dilanda kebingungan lagi yaitu menemukan tempat untuk melakukan shalat karena disana tidak ada ruangan khusus untuk beribadah. Untunglah ada sebuah pagoda atau sebut saja saung jika dalam bahasa sunda x) yang biasa digunakan untuk duduk istirahat para wisatawan yang kondisinya cukup sepi, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan shalat disana secara bergantian agar tidak terlalu menarik perhatian para pengunjung lainnya karena khawatir dianggap sesuatu yang aneh dan menjadi tontonan yang akan membuat konsentrasi ibadah kita menjadi buyar, hehe. Sebenarnya orang - orang Korea sendiri sangat tertarik dan penasaran tentang muslim, terutama jika mereka melihat wanita berhijab karena teman saya ada yang sampai diminta foto bareng loh saking mereka tertariknya dengan hijab, hehe lumayan berasa jadi artis walaupun cuma sekejap :p

Pagoda
Tapi jangan khawatir, ada beberapa lokasi yang sudah mulai muslim friendly juga loh contohnya di Nami Island atau yang dikenal sebagai lokasi syuting drama korea Winter Sonata. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kita ke Korea Selatan karena pemandangannya yang sangat cantik di segala musim. Kebetulan saya mengunjunginya ketika musim gugur sehingga pemandangan yang didapat luar biasa cantiknya dan belum pernah saya lihat di Indonesia, hehe. Di sepanjang pulau kita akan menikmati deretan pepohonan yang daunnya sudah menguning dan gugur satu per satu untuk menyambut datangnya musim dingin, keindahannya tidak bisa saya gambarkan dengan kata - kata pokoknya, Masha Allah. Yang paling penting di lokasi ini sudah ada restoran yang memiliki sertifikasi halal dari Korean Muslim Federation (KMF) jadi selama disana saya bisa makan dengan tenang dengan pilihan menu yang disediakan oleh restoran Dongmoon Casual Asian - Halal Food. Di restoran ini pun disediakan mushala di lantai 2 yang cukup luas dan sangat nyaman sehingga kita bisa menunaikan ibadah shalat dengan tenang.

Pintu masuk Nami Island
Restoran Halal
Menu gurita yang saya pesan dan HALAL :)
Cantiknya Nami Island (1)
Cantiknya Nami Island (2)
Selain Nami Island, kita pun dapat mengunjungi sentral muslim di kota Seoul yaitu di Itaewon. Di sana terdapat satu - satunya masjid yang berada di kota Seoul yaitu Seoul Central Mosque. Alhamdulillah saya sempat mengunjunginya dan bertemu dengan beberapa warga korea ataupun pendatang yang beragama islam. Disekitaran masjid ini merupakan surganya makanan halal karena disini berderet restoran yang menjual  masakan korea, melayu, turki, atau india dengan label halal di depan restorannya. Akhirnya saya bisa bebas memilih restoran mana yang akan saya kunjungi untuk makan :). Selain itu disini banyak terdapat mini market yang menjual cemilan halal juga dan saya pun tidak ketinggalan membeli cukup banyak cemilan untuk persediaan di penginapan. Lucunya saya lupa bahwa setelah dari Itaewon, saya akan mengunjungi beberapa tempat lain lagi yang pada akhirnya di sepanjang perjalanan saya membawa kantong keresek hitam yang cukup besar berisi cemilan yang sudah dibeli tadi, hehehe.

 
Seoul Central Mosque
Itaewon, sehabis jajan perbekalan cemilan halal
Ketika saya dan teman - teman mulai bingung mau makan apa, sudah pasti kita memutuskan untuk mengunjungi Itaewon lagi untuk sekedar makan siang atau makan malam sebelum kembali ke penginapan. Jadi entah berapa kali kami mengunjungi Itaewon hanya sekedar untuk makan makanan yang terjamin halalnya :)

Si keresek hitam dibawa - bawa sampai juga ke Namsan Tower, hehehe :p
Walaupun saya pernah ke Korea Selatan, masih banyak sekali lokasi yang belum saya kunjungi yang membuat saya ingin sekali kembali kesana lagi untuk berlibur. Tapi jika saya memiliki kesempatan untuk pergi kesana lagi, saya tidak ingin mengulangi "drama - drama" pencarian makanan halal dan tempat beribadah yang sebenarnya membuat sedikit repot. Dan beruntungnya sekarang ini sudah banyak paket halal tour ke Korea Selatan yang tersedia, salah satunya Paket Wisata Halal Tour Korea dari Cheria Travel.

Kenapa saya pilih Cheria Travel ???

1. Karena Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia.
2. Karena Cheria Travel merupaka Tour & Travel yang terjamin legalitasnya.
3. Karena Cheria Travel berpengalaman memberangkatkan ribuan orang ke beberapa negara tujuan.
4. Karena Cheria Travel memiliki banyak pilihan paket tour yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.
5. Karena Cheria Travel sudah menyiapkan itinerary lengkap di setiap tour nya dan juga membantu proses pengurusan visa.
6. Untuk mencari informasinya pun tidak sulit, kita tinggal ketik "wisata halal korea selatan" di mesin pencarian google dan Paket Wisata Halal Tour dari Cheria Travel akan muncul di halaman pertama :)

Wisata Halal Korea Cheria Travel
Muncul di halaman pertama google
 Apa sih sebenarnya wisata halal tour ?

Sebenarnya paket wisata halal tour sama saja dengan paket tour liburan lainnya hanya saja lebih muslim friendly yang artinya dari sisi makanan pasti akan disajikan makanan yang halal dan kita akan selalu diingatkan waktu - waktu untuk melaksanakan shalat. Selain itu juga, biasanya ada beberapa itinerary yang digunakan untuk melihat peradaban muslim di negara yang akan kita kunjungi. Wih seru banget pasti ya, selain liburan kita pun akan mendapat pengetahuan baru tentang Islam :)

Dalam Paket Wisata Halal Tour Korea dari Cheria Travel  kita diberi kesempatan untuk mengunjungi pusat Islam di Seoul yaitu Masjid Itaewon serta bertemu dengan Imam besar disana untuk berbincang mengenai perkembangan agama Islam yang tersebar di Seoul. Ini agenda yang jarang sekali ada di dalam sebuah tour loh, saya jadi penasaran ingin bertemu dengan Imam besar satu - satunya masjid yang ada di kota Seoul dan bertanya mengenai perkembangan agama Islam disana.

Jadi semakin ingin kembali ke Korea Selatan terutama pada musim dingin untuk melihat salju, dan yang pastinya dengan paket wisata halal dari Cheria Travel Korea Jeju 2017. Karena selain di kota Seoul kita juga akan berangkat ke pulau Jeju yang terkenal dengan keindahannya dan sering digunakan sebagai lokasi syuting drama korea. Ini nih itinerary yang sudah disiapkan Cheria Travel untuk paket tour tersebut :

Hari ke-1 :
Jakarta - Incheon
Ini adalah hari keberangkatan dari Jakarta menuju Bandara Incheon dengan bermalam di pesawat.
Hari ke-2 :
Incheon - Jeju Island
Setibanya di Korea akan mengunjungi Gyeongbok Palace dan National Folk Museum, lalu dilanjutkan menuju Jeju Island untuk mengunjungi Yongduam Dragon Headrock, Mysterious Road. Hari ini bermalam di Jeju.
Hari ke-3 :
Explore Jeju
Hari ketiga ini diagendakan untuk mengeksplor keindahan Jeju Island dengan mengunjungi Seongsun Sunrise Peak, desa tradisional Seongup Folk Village dan Teddy Bear Museum. Di hari ini juga akan berfoto dengan icon Hello Kitty Land, lalu diajari membuat Kimchi dan menggunakan baju tradisional korea yaitu Hanbok.
Hari ke-4 :
Nami Island - MT. Sorak
Penerbangan kembali ke Seoul dan langsung menuju Nami Island untuk menikmati suasana musim dingin dan salju yang indah di pulau tersebut dan melihat Illumination Festival - Light Festival. Hari ini bermalam di MT.Sorak.
Hari ke-5 :
Mt. Sorak - Ski Resort - Seoul
Pada hari ini diagendakan untuk menikmati keindahan MT.Sorak dengan mengunjungi Shinheungsa Temple & Gwongeumseong Fortress menggunakan cable car lalu mengunjungi Great Bronze Buddha. Sebelum kembali ke Seoul akan diajak untuk belajar bermain Ski (sudah termasuk peralatan dan baju ski, tidak termasuk google dan sarung tangan ski). Sesampainya di Seoul langsung menuju Dongdaemun Market untuk berbelanja.
Hari ke-6 :
Seoul
Agenda di hari ke enam adalah menikmati kota Seoul dengan city tour mengunjungi Sentral Muslim Itaewon ( Mesjid Itaewon ) yang dilanjutkan berbelanja di Ginseng Center, Cosmetic Shop, Red Pine, Amethyst Factory, Duty Free Shop dan Myeongdong Market.
Hari ke-7 :
Seoul - Jakarta
Harinya untuk pulang ke Jakarta dengan segudang cerita indah dari Korea Selatan :)
Lengkap banget ya itinerary nya dan tempat - tempat yang akan dikunjungi pun merupakan lokasi yang paling menarik untuk menikmati musim dingin disana. Semoga saya ada kesempatan untuk Wisata Halal Tour Korea bareng Cheria Travel agar liburan saya lebih nyaman dan tenang hingga kembali ke Indonesia. Ada yang mau ikut liburan bareng gak ? hehehe

Cheria Travel
Untuk info lebih lengkap tentang wisata halal ke berbagai negara bisa langsung dicek di website www.cheria-travel.com

PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji Khusus dan Tour Muslim
Office:
Gedung Twink Lt. 3

Jl. Kapten P. Tendean No. 82
Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12790

Telepon : 021 - 7900 201 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74  
Fax : 021-7918 2408
Email : info@cheria-travel.com


--------------------------------------------------------------------------------------------

Cerita lengkap tentang liburan saya di Korea Selatan bisa dibaca disini juga ya:


You Might Also Like

44 komentar

  1. Korea memang keren, banyak sekali tempat wisata meanrik disana. Yang paling saya suka yaitu Nami Island, tamanya keren banget, warna daun pepohononya kuning kuning sejuk gitu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas, nami island pasti jadi tempat favorit terutama di musim gugur dan musim dingin

      Delete
  2. Inggaaaaa!
    OMG, nostalgia banget ini makan nugget dingin plus mie goreng di Korean Folk Village hahaha.
    Eh, aku bawa telor rebus juga kalo gak salah, dan Tanti bekel kimchi yah? Bhahahaha.

    Ayooook, jadi pengen kesana lagi bareng Cheria Travel biar lebih terjaga kehalalannya deh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Erry!
      iya jadi kangen seoul yaaa... itu ada yang belum disebut penyelamat satu lagi gudeg kalengan mba eno sama cemilan gurita yang keras banget ituuu, hahaha
      ayok klo ke korea lagi ajak aku yaa teh :))

      Delete
  3. Korea Selatan indah banget.... pastinya menyenangkan ya bisa berkunjung ke sana menikmati segala budaya, kuliner dan mengunjungi tempat-tempat kece :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korea Selatan itu indah, menyenangkan dan bikin baper pengen balik lagi mba, hahaha :D

      Delete
  4. Aaaa...
    Mau teh Inggaaaa.
    Seru banget ya jalan-jalan ke sana 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu nabung kita jalan2 ke korea bareng yuuuk ma :)

      Delete
  5. OMG.. kamu udah nyampe ke Korea aja sist, akoh iri.. 2015 mah akoh lagi galau-galaunya :))
    semoga tahun ini akoh bisa sampai Korea biar bisa ketemu Ahjussi Gong Yoo ya.. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke korea demi mencari oppa sholeh itu, hahaha :p
      semangaaat! yuk nabung ntar ke korea bareng ajakin bos bule sekalian *eh gimana x)

      Delete
  6. duh mupeng liat korea...ga cuma aktor dan aktrisnya aja yang cakep ya....mupeng liat bunganya..bajunya juga lucu...moga bisa sampe korsel juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tentang korea itu indah dan unik mba cuma masalahnya susah cari makanan halal aja, hehe dan wisata halal salah satu solusinya ;)

      Delete
  7. gara-gara sering liat timeline yang bahas drakor, aku jadi penasaran. Pantes pada demam drakor, ternyata emang bikin baper ya. Dan, salah satu yang bikin drakor itu jadi menarik adalah setinga lokasinya yang cantikk banget. Sekarang, Korea masuk dream list aku, semoga bisa kesampaian bisa ke KOrea kaya Ingga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin baper banget mba :))
      nah betul, mereka selalu bisa menampilkan setingan yang biasa menjadi romantis luar biasa, hehehe
      semoga whislist nya kesampaian ya mba, aamiin....

      Delete
  8. Asik sekali yang sudah bepergian ke Korea, mba. Wah aku makin semangat nih berniat ke Thailand :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba!! nanti cerita2 ya di blog kalau jadi berangkat ke Thailand :)

      Delete
  9. Insyaallah bulan aku jalannnnnn.. Huhuh gomawo info nya mba ;)

    ReplyDelete
  10. Ajak aku dong Ingga kalau ke Korea lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan senang hati, ayok kita liburan bareng :D

      Delete
  11. Korea kereen banget yaa, sejauh ini cuma bisa nyemil toppoki di salah satu resto korea favorit, gimana kalau beneran jajan toppoki di Korea langsung yah, kalaapp akunyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi mending nyemil toppoki disini mba, kalau mau jajan disana banyak mikir sudah halal atau belum ya.. hehehe
      tapi korea itu kereen dan bagus banget, enak banget untuk liburan kesana :)

      Delete
  12. Aku blm pernah ke nami ihik ihik ihik mau balik lagi ke korea ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayook kita jalan2 manja ke nami bareng om~

      Delete
  13. Seru banget Inggaaa.. tulisan di batu pintu masuk nami island kayak tulisan yang ada di drakor yaaaa hahahah.. duh kalo aku yg ke sana pasti norak abiss 😂😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup tulisannya kaya yg suka ada di judul drama2 korea gitu yak :D
      akupun norak kak put, cuma gak keliatan aja klo di foto, hahaha

      Delete
  14. Nami island pas musim gugur keren skali inggaaaa.. mau ke sana juga panpakan klo punya rejeki,hihihi. Eh musim gugurnya jatuh di bulan apa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren pake banget mba!! katanya kalau ke nami island lebih baik musim gugur atau dingin sekalian. musim gugur yang bagus itu biasanya sekitar pertengahan oktober sampai awal november, daunnya udah menguning semua :)

      Delete
  15. 2th belakangan ini Korea lg jadi destinasi liburan favorit hijabers yaaa hihi.. Seruuu tampaknya.. Pgn bgy ke Nami Island pas Musim Gugur,bagussss gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, apalagi sekarang demam drama korea udah dimana-mana ya, haha jadi makin banyak yang pengen ke korea...
      nami island pas musim gugur memang bagus bgt ya, semua warnanya jadi perpaduan kuning, orange dan merah... cantik :)

      Delete
  16. Jadi mupeng ke korea aja nih kak hihi

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  17. cantik banget mba ingga pakai hanboknya :D pemandangannya juga cantik.. wah indomie penyelamat ya.. *catet ya* aah semoga hana bisa ke sana juga suatu hari :D makasih sharingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi makasi hana :)
      nah ind*mie mah ga boleh ketinggalan, harus sedia min 1 atau 2 pcs di koper buat persediaan :p

      Delete
  18. ahix jadi pengen wisata ke korea hehe

    ReplyDelete
  19. Hmmmm... Korea.. belum jadi wishlist aku untuk jalan2 karena udah kebanyakan wishlist hahahahha.. tapi emang kalau jalan2 lebih enak pake tour halal, lbh terjamin dan ngga bingung nyari makan dimana ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, apalagi kalau destinasinya ke negara yang mayoritas non muslim ya :)

      Delete
  20. Huaaa asik nih jalan-jalannya Ingga. Kebayang ya kkalau pas solat gitu jadi tontonan orang apaalgi kalau yang nonton deket-deket itu ada cowok cakep. Makin ga khusyuk #eeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau seganteng Lee Min Ho sih kayanya langsung buyar konsentrasi ya teh :p

      Delete
  21. wah mantap sekali, saya baru kesampaian sejauh singapore dan thailand aja. Pepohonannya bagus baget ya ga kaya di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke korea memang bagus pada saat musim gugur...
      selain cuaca belum terlalu dingin sekali, pemandangan pepohonannya pun paling cantik di musim ini :)

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images