[ DIY ] Tie Dye T-Shirt

1:22:00 AM

Assalamualaikum...

Selamat tahun baru 2017 readers, semoga ditahun ini kita semua diberikan keberkahan dan menjalaninya dengan penuh suka cita, aamiin...

Postingan blog pertama saya di tahun 2017 ini adalah tentang #happyproject sebagai tante dari empat keponakan yang semua sedang liburan di rumah, yaitu membuat kegiatan kreatif untuk mengisi liburan dengan membuat kaos tie dye sendiri.

Tie Dye T-Shirt
Teknik tie dye atau celup ikat ini mulai dikenal pada tahun 1960-an oleh suatu komunitas flower generation di Amerika atau yang sering disebut dengan kaum "Hippies". Kaum ini sangat mengusung kebebasan terutama setelah masa perang berakhir, sehingga motif yang tercipta dari teknik tie dye menggambarkan suatu kebebasan karena memang tidak ada patokan tertentu ketika kita akan mengaplikasikan teknik ini untuk mewarnai kain dan hasil motif yang dihasilkan pun tidak bisa diprediksi karena beda teknik yang digunakan maka motif yang dihasilkan pun akan berbeda.

Ada dua teknik tie dye yaitu teknik panas dan teknik dingin, tetapi kali ini yang akan saya jelaskan hanya teknik dingin saja karena sangat mudah dilakukan dan cocok dijadikan kegiatan edukatif bersama anak - anak. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk mengisi kegiatan di sisa - sisa liburan sekolah kali ini ya :)

Bahan yang disiapkan :

- Pewarna kain wantex
- Air
- Garam, sebagai pengikat warna
- Botol Plastik
- Kaos berbahan katun
- Karet Gelang
- Koran / Plastik sebagai alas
- Sarung tangan


Cara membuat pewarna kain :

Pewarna kain yang saya gunakan adalah wantex. Pewarna kain ini yang paling mudah didapat dan harganya sangat terjangkau sekitar Rp 3000,- saja perbungkusnya. Pewarna ini bisa dicari di toko klontong atau di toko yang menjual perlengkapan kerajinan. Untuk satu bungkus pewarna kain wantex, saya hanya melarutkannya dengan 400 ml - 500 ml air panas agar warnanya pekat, kemudian ditambah dengan 2 sdm garam sebagai pengikat warna. Setelah warna tercampur masukan kedalam botol plastik ( saya menggunakan botol plastik murah meriah yang biasa digunakan abang tukang bakso untuk sambal atau kecap, hehe... tapi jika tidak ada bisa menggunakan botol air mineral bekas yang dilubangi dengan paku bagian tutupnya )

Bahan - Bahan
* Tips : agar botol plastik tidak meleleh, bisa melarutkan wantex dan garam ke dalam 100 ml - 200 ml air panas terlebih dahulu hingga larut, setelah itu baru tambahkan 300ml - 400ml air dingin, sehingga larutan warna tidak terlalu panas ketika dimasukan ke dalam botol plastik. 


Step by step Tie Dye teknik dingin :

- Pertama tama kita harus tentukan teknik apa yang akan kita gunakan pada kaos, apakah akan dijumput, dilipat, membuat spiral atau menggabungkan beberapa teknik sekaligus. Untuk inspirasi teknik apa saja yang dapat digunakan, seperti biasa saya menggunakan the power of googling dan menonton video di youtube, hehehe. Sebelumnya kaos dapat direndam air terlebih dahulu ataupun tidak, perbedaannya jika direndam air terlebih dahulu maka penyerapan warna akan lebih mudah dibandingkan dengan kaos yang kering. Berikut ini tiga teknik yang bisa digunakan :

1. Jumputan
membuat jumputan pada kaos caranya dengan menjumput atau mencubit kain dan mengikatnya dengan karet gelang sekencang mungkin, besaran jumputan tergantung selera masing - masing, jumlah dan posisi jumputan pada kaos bisa diatur sesuai dengan kreatifitas masing - masing.

2. Lipat
teknik lipat ini seperti melipat kertas yang akan dibuat menjadi kipas, pasti pernah dong :) setelah itu berikan ikatan di sepanjang kain yang sudah dilipat dengan jarak tertentu.

3. Spiral
untuk membuat spiral lebih mudah dimulai dari bagian tengah kaos, cubit sedikit lalu putarkan hingga kaos membentuk lingkaran. Setelah itu beri ikatan karet sebagai pembatas warna nantinya.

Contoh beberapa teknik
- Setelah kaos siap, kita dapat mulai mewarnai kaos tersebut. Cara mewarnainya dengan menuangkan pewarna sedikit demi sedikit, biasanya dimulai dari dekat ikatan karet perlahan hingga satu sisi selesai diwarnai lalu jangan lupa dibalik dan diwarnai kembali sisi lainnya hingga seluruh kaos penuh dengan warna. Jumlah warna yang ingin digunakan bebas sesuai dengan kreatifitas.

Mewarnai dimulai

Mewarnai Lipat

Mewarnai Lipat

Mewarnai Spiral
Setelah diwarnai
Harus tetep sadar kamera :p

- Setelah proses mewarnai selesai, diamkan kaos hingga kering atau biasanya didiamkan selama 24 jam, cukup lama juga yaaa x). Tetapi kemarin karena keponakan saya sudah tidak pada sabar untuk melihat hasilnya jadilah proses pengeringan dibantu dengan hairdryer, hehehe. Belum sampai kering pun sudah dibuka untuk melihat hasilnya yang Alhamdulillah bagus - bagus.
Bagian yang paling menyenangkan memang ketika membuka ikatan karet dan melihat hasil akhirnya, motif yang dihasilkan seringnya tidak terduga tetapi memuaskan :) semua keponakan saya pun sangat happy dan selalu bilang "WOW" setiap kali kaos dibuka dan melihat hasilnya, hehe.

Hasil Teknik Lipat
- Setelah kering dan dibuka ikatannya, rendam kembali kaos dengan air dingin hingga sisa warna wantex pada kaos hilang kemudian dijemur lagi hingga kering. Terakhir kaos yang sudah kering tersebut dapat dicuci dengan menggunakan deterjen agar bisa digunakan.

Hasilnya
Ini dia video kompilasi sisa keseruan ketika saya mencoba membuat kaos tie dye bersama para keponakan saya. Walaupun percobaannya dilakukan secara sederhana bersama para bocah tapi tetep seru dan dapat membantu mengasah kreatifitas  mereka juga. Semoga kegiatan ini berkesan untuk para keponakan saya, aamiin :)



Mudah kan caranya ?
Readers juga pasti dapat mencobanya sendiri di rumah, terutama bagi yang memiliki anak atau keponakan dan sedang bingung kegiatan liburan apa yang dapat dilakukan di rumah, percobaan tie dye ini bisa menjadi salah satu solusinya. Teknik mewarnai tie dye ini bisa dicoba juga untuk membuat motif hijab atau pasmina sendiri loh, pasti seru deh! Tapi jangan lupa ya bahan yang digunakan harus 80% serat katun jika ingin penyerapan warnanya sempurna. Selamat mencoba...

Jika ada yang belum jelas bisa ditanya di kolom komentar atau bisa langsung email aja ya ke inggabia@gmail.com


video inspirasi :
https://www.youtube.com/watch?v=iy0zrF80SgE
https://www.youtube.com/watch?v=oaJGChChy4k








You Might Also Like

34 komentar

  1. Lucu-lucu ya hasilnya, mirip sama kegiatan di Bale Seni Barli^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sandra hasilnya selalu diluar ekspektasi tapi lucu - lucu :)

      Delete
  2. Jadi pengen bikin juga.. Keren jadinya 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin nes, buat motif jilbab lucu juga tuh :)

      Delete
  3. ahh mengisi liburan tante dan ponakannya asik banget. Iya hasilnya lucu banget, buatnya simple padahal yaa.

    Dulu pernah nyoba yang teknik lipat, dan woow...ampe sekarang ada tuh kaosnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi alhamdulillah seruu teh x)
      iya hasilnya diluar ekspektasi padahal tekniknya simple yaa..

      Delete
  4. tie dye-ing memang menyenangkan! aku pernah juga ngajar di bajawa mbak dan anak2 kecil suka banget.. terutama pas di sana aku celupin langsung ke ember besar kaosnya hahahah jd mereka demen banget deh main air. tetap kreatif yahhh.. anak2 jadi terdidik dari awal. salut! keep it up!


    cheers,
    www.sofiadewi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba sofia :)
      wah hebat pernah ngajar di bajawa, semoga nanti aku bisa ngajar disana juga, hehe

      Delete
  5. keren y mb hasilnya ternyata ga sesulit yang dibayangkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, step by stepnya mudah kan :) ayo dicoba, hehe

      Delete
  6. Adek" nya serius bangeet bikin tie dye t-shirt hehehe hasilnya lucuu" mbaak :D bisaaa di copy nih tips nya. Thank you for sharing mbak ingga. Salam kenal :D

    ReplyDelete
  7. Dicoba ah kayaknya Marwah bakalan seneng deh bikinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti marwah seneng banget mba :) bisa sekalian maen air juga soalnya, hehehe

      Delete
  8. Kereeeeen. Nanti pankapan kucoba sama nayaaaa.. Makasih neng geuliiiss.. 😍😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiik, semoga naya seneng nanti pas coba yaa :*

      Delete
  9. Seru banget Inggaa, bisa tie dyean sama anak2 keccik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha seru - seru rempong, tapi menyenangkan banget, hehe:D

      Delete
  10. Lucu banget Ingga, itu bocil2 kok nurut banget ngikutin Ingga hahaha.. Pengen nyobain sama Raya ntar wiken deh, itu yg ngelingker-lingker naksir banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya pada terlalu excited kayanya jadi nurut deh x)
      yeay nanti lihat hasilnya yaa mih kalau udah coba bareng raya

      Delete
  11. baru tau kalo bikin tie dye bisa dirumah
    setauuku cuma di tempta yang produksi tiedie aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mba, alat dan bahannya pun ga susah didapat :)

      Delete
  12. wah asyik buat aku bikin dengan anaka suhku

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dengan senang hati mba kalau mau dipraktekan, terima kasih sudah membaca ya :)

      Delete
  13. Amien ... semoga 2017 bener2 penuh berkah dan kebahagiaan dari Allah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin om cum, smg 2017 berkah banyak yg ngajakin liburan gratis ;)

      Delete
  14. Kereen, teh Ingga.
    Dulu pas SD aku pakenya saputangan doang hahaha. Gini mah enak yah, bisa lgsg dipake hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya ma, lebih enak kalau di barang yang bisa dipake, jadi bangga pake hasil karya sendiri x)

      Delete
  15. Menyenangkan banget emang nih kegiatan.. Dulu pernah ikut workshop Shibori (tie dye) sama sensei-nya langsung dari Jepang.. Setelah itu praktek sendiri di rumah pake totebag, jadinya lucu ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi penasaran pengen coba juga tie dye di totebage x)

      Delete
  16. lucu yaaah.. jd inget jaman kecil masih suka iseng main cat ke baju biar punya baju yang beda sendiri..

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  17. Wuits.., mantap juga ya.,,! Kreatif, bsa seru2an jadinya!

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images