Ketika Hobi Bertemu dengan Passion

3:05:00 PM

Assalamualaikum...

Sejak kecil jika ditanya tentang hobi, pasti saya akan menjawab hobi saya adalah membaca dan berenang. Walaupun sebenarnya dua hal itu memang masih saya lakukan sampai sekarang tetapi ternyata semakin dewasa hobi itu bisa berubah juga ya, perlahan pun saya mulai menyukai dunia fashion. 



Selera fashion yang saya kenakan biasanya sangat jarang mengikuti apa yang kebanyakan orang pakai, saya ingin beda sendiri sampai terkadang sering dibilang "aneh" oleh orang tua dan kakak saya. Suatu hari saya pernah mengenakan atasan dengan motif bunga mawar dimana pada saat itu motif bunga belum seramai sekarang, kakak saya bilang "kok kamu norak sih pakai baju yang banyak motif bunga mawarnya gitu" tetapi untungnya tidak membuat saya hilang kepercayaan diri dan ternyata ketika motif bunga mejadi hits seperti sekarang ini, gantian giliran saya yang meledek kakak saya jika mengenakan baju bermotif bunga "katanya norak kalau pakai motif bunga - bunga" hahaha...

Ternyata lambat laun dunia fashion menjadi hobi baru saya saat ini, mulai dari senang mix & match pakaian sampai menentukan desain pakaian sendiri karena saya lebih senang menjahit pakaian dibandingkan membelinya di department store. Taste fashion saya pun mulai mendapat pengakuan dari keluarga karena mulai dari mamah atau kakak saya selalu minta pendapat saya terlebih dahulu ketika akan menjahit atau membeli pakaian :)

Tahun 2013 ketika mulai berhijab saya pun lebih semangat lagi untuk membuat desain pakaian atau mix & match pakaian dengan hijab yang akan saya kenakan, pun tidak luput dengan berbagai aksesoris hijab seperti peniti dan bros. Hobi mendesain ini pun mulai saya realisasikan ke dalam bentuk nyata yaitu dengan membuat bros sendiri yang berbentuk bunga dari kain perca. Ternyata hasilnya lucu juga, otak bisnis saya pun mulai jalan pada saat itu dengan menjualnya kepada teman - teman kampus dilengkapi pasmina yang pemilihan motif kain yang saya pilih sendiri.

awal mula inggabia
Setelah bekerja, saya mulai berpikir sepertinya hobi saya ini memiliki peluang juga untuk berbisnis namun sering kali saya bingung  harus memulai dari mana. Karena hobi saya hanya sebatas desain saja, maka saya mulai mencari orang yang dapat membantu saya menjahit pakaian yang sudah saya desain. Sempat pusing cari kesana - kemari sampai pada akhirnya orang tua saya bilang "Kenapa harus pusing cari orang yang jauh, coba kamu cari orang terdekat yang butuh pekerjaan dan bisa membantu kamu" Kata - kata itu yang selalu lekat di ingatan saya, yang membawa saya akhirnya bisa mewujudkan impian saya bersama orang tedekat saya yaitu tante saya sendiri :). Sampai saat ini saya sudah memiliki 4 karyawan yaitu 3 orang penjahit dan 1 orang yang membantu saya untuk mendistribusikan produk, semuanya berasal dari orang terdekat yaitu tetangga - tetangga dekat rumah yang membutuhkan pekerjaan, Ahamdulillah...

belajar desain
Di awal tahun 2014 secara resmi saya mengeluarkan produk perdana yaitu busana muslim untuk anak - anak dengan brand nama saya sendiri yaitu INGGABIA, Alhamdulillah masih berjalan hingga saat ini dan saya berencana untuk mengembangkan brand saya untuk busana muslim dewasa juga. 

Untuk mendapatkan inspirasi desain dan mengetahui perkembangan trend saat ini biasanya saya selalu browsing di internet, salah satunya dengan mengamati trend busana muslim melalui hijup.com karena hijup.com adalah salah satu pioneer toko online khusus untuk busana muslim di Indonesia. Semoga suatu saat nanti busana muslim karya saya bisa muncul di halaman hijup.com juga, aamiin...

hijup.com
Banyak dari keluarga dan teman - teman yang tidak menyangka bahwa saya akan terjun di dunia bisnis fashion, karena memang pada dasarnya saya adalah mahasiswa lulusan IT yang memang bekerja di bidang tersebut. Pada awalnya pun hobi saya ini hanya sebagai pelepas penat ketika saya sedang merasa jenuh di kantor, tapi ternyata Allah memberikan jalan rezeki untuk saya disini.
Perjalanan mengembangkan bisnis dari hobi ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan loh, saya seringkali kewalahan untuk membeli perlengkapan untuk para penjahit. Untungnya saat ini saya sudah bisa membeli perlengkapan jahit secara online di bukalapak.com, sangat membantu sekali karena memang saya tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke toko di sela - sela kesibukan saya yang masih berstatus sebagai karyawan. Di bukalapak.com ini saya bisa membeli benang jahit, benang obras, jarum, gunting benang, penggaris pola, bahkan sampai rader pun ada, alhamdulillah saya sangat terbantu tinggal pesan secara online lalu perlengkapan jahit pun dikirim ke rumah.

bukalapak.com
Saya mulai menyadari bahwa ternyata hobi saya ini adalah passion saya, itulah mengapa ketika mulai membangun bisnis fashion ini, saya bisa bertahan dengan segala rintangan dan hambatannya sampai sekarang. Hal ini pula yang membuat saya sering diminta untuk sharing oleh teman - teman tentang pengalaman bagaimana cara memulai bisnis dari hobi. Padahal jujur saya masih malu untuk sharing pengalaman karena masih merasa belum pantas, namun saya mencoba untuk lebih percaya diri untuk berbagi cerita dengan teman - teman bukan karena saya merasa sudah ahli melainkan karena saya berani untuk mencoba terlebih dahulu dibanding mereka :)


Tulisan ini diikutsertakan dalam KOMPETISI BLOG INSPIRASI WANITA dari Hijup dan Bukalapak dengan tema " Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu "

Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu







You Might Also Like

23 komentar

  1. Senang banget ya Ingga, kalo passion bisa jadi bisnis... Sukses buat Inggabia yaaa <3

    ReplyDelete
  2. Sukses terus Ing usahanya, semoga usahanya makin gedeeee

    ReplyDelete
  3. Di buka lapak komplit ya Ingga.. background boleh IT tp kan sense jualan bs menclok ke siapa aja. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di bukalapak mau cari apa aja ada ya buyu :D
      nah itu bener banget sense jualan yang paling penting ya, hihi

      Delete
  4. sukses untuk labelnya mba ingga, semoga bisa segera launching untuk pakaian dewasanya :D :D suka tulisannya deh inspiratif, jd ngeh juga soal mencari orang terdekat :)

    ReplyDelete
  5. Keren amat sih mbak, cakep2 pulak, sukses trs bwt dikau dan bisnis dikau ya mbk amin

    ReplyDelete
  6. Ingga, masih muda udah keren. Sukses yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba tian...
      aku pengen bertemu dirimu ih, semoga kapan2 bisa ketemu ya mba :)

      Delete
  7. Teh Ingga, Sing lancar ya bisnisnyaaa...
    Kapan ngumpul lagi, ih.
    Dah pada sibuk yah? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasi alma :*
      yuk kita agendain yuu, msh pada di Bandung da kayanya, hihi

      Delete
  8. Keren Ingga! Aku salut sama designer & bisa ngegambar karena aku ngga bisaa huhuhuhu padahal pengen banget dan suka madu-madankan kain, tpai mungkin harus sekolah khusus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba sandra :)
      sekolah biasanya supaya lebih terasah lagi bakatnya mba soalnya banyakpraktek dibanding teori, hehe

      Delete
  9. Hebat banget, dari hobi bisa ngais rezeki dan menginspirasi. Semoga saya bisa kyak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mba, yuk dimulai dari kecil - kecilan aja :)

      Delete
  10. Paling asik itu klo passion dan hobi bisa jadi sesuatu yg lebih besar lagi.. Semangat inggaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuu, makasi kak put :*
      semangat juga buat party plannernya ya kak, kece bangeeet

      Delete
  11. keren banget, masih muda tapi suda memiliki usaha sendiri..

    ReplyDelete
  12. Kalo kata kang emil mah, profesi yang paling enak itu adalah hobi yang dibayar. Kaya ingga, dari hobi jadi profesi. Barakallah yaa ingga, semoga sukses buat brandnya.

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images