Silaturahmi ke Kampus STP Bandung (Enhai)

4:31:00 PM


Assalamualaikum...

Saat ini bidang pariwisata adalah salah satu aset Indonesia yang tidak bisa dianggap sepele lagi ya. Dunia pun sudah mengakui keindahan pariwisata Indonesia yang ditandai dengan selalu bertambahnya jumlah kunjungan turis mancanegara di setiap tahun. Hal ini yang melatar belakangi semakin populernya sekolah kepariwisataan di Indonesia. Salah satu pelopor sekolah pariwisata di Indonesia adalah STPB yaitu singkatan dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Dulu sekolah ini dikenal dengan sebutan NHI (read : enhai) namun pada tanggal 1 November 1993 diganti namanya menjadi STP Bandung. Sekarang nama enhai lebih dikenal dengan jajanan surabi khas kota Bandung yaitu surabi enhai karena memang lokasi penjualnya yang berada di dekat kampus ini, hehe.

captured by IG : @bangaswi
Komunitas Blogger Bandung berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan kampus ini, ternyata kampus STP Bandung ini memang menjalin silaturahmi dengan beberapa komunitas di bandung guna mempererat tali silaturahmi juga sekaligus memperkenalkan tentang dunia kampus kepariwisataan kepada publik. Saya pun selama 18 tahun tinggal di Bandung baru kali ini menginjakan kaki di kampus yang sudah terkenal sejak dulu dengan lulusannya yang dicap sudah siap bekerja ini. Saya cukup excited untuk bersilaturahmi dengan pihak kampus karena memang saya tertarik dengan dunia kepariwisataan Indonesia dan syukur - syukur siapa tau ada doorprize bisa keliling Indonesia ya kan, hahaha maaf yang ini saya ngarang :p

Sebagian Blogger Bandung
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung  ( STP Bandung ) adalah lembaga pendidikan milik pemerintah yang bernaung dibawah kementrian pariwisata dan dibina oleh kementrian pendidikan. Di sekolah ini dipelajari segala hal yang berhubungan dengan pariwisata termasuk salah satunya tentang dunia hospitality atau perhotelan. Untuk lulusan kampus ini jangan ditanya deh pokonya, karena banyak lulusan STP Bandung yang sudah bekerja di beberapa instansi pariwisata dan perhotelan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, bahkan banyak pula yang sudah bekerja di kapal pesiar. Luar biasa ya, oleh karena itu kampus ini merupakan salah satu kampus favorit di kota Bandung karena lebih mengutamakan kegiatan praktek dibanding dengan teori sehingga lulusannya dicap sebagai lulusan yang siap bekerja.

STP Bandung
Lingkungan Kampus
Ternyata banyak hal yang baru saya ketahui, salah satunya adalah di STP bandung ini ada 3 pengelompokan jurusan yaitu pariwisata, hospitality dan perjalanan. Masing - masing jurusan pun terdiri dari beberapa sub jurusan lagi sehingga total ada 13 jurusan untuk tingkat diploma dan sarjana serta 3 jurusan untuk pascasarjana.

1. Jurusan Hospitaliti memiliki program studi :
Studi Akomodasi dan Katering
Administrasi Perhotelan
Manajemen Divisi Kamar
Manajemen Tata Hidang
Manajemen Tata Boga
Manajemen Patiseri

2. Jurusan Kepariwisataan memiliki program studi :
Studi Destinasi Pariwisata
Manajemen Bisnis Pariwisata
Manajemen Destinasi Pariwisata

3. Jurusan Perjalanan mempunyai program studi :
Studi Industri Perjalanan
Manajemen Bisnis Perjalanan
Manajemen Bisnis Konvensi & Event
Manajemen Pengaturan Perjalanan

4. Pascasarjana memiliki program studi :
Konsentrasi Manajemen Perhotelan
Konsentrasi Administrasi Perhotelan
Konsentrasi Manajemen Perjalanan

Campus Tour

Selain diperkenalkan tentang profil kampus STP Bandung, saya dan teman - teman blogger yang lain pun diberi kesempatan untuk tour keliling kampus. Di sepanjang perjalanan berkeliling kampus saya dan teman - teman selalu disapa hangat oleh para mahasiswa ketika berpapasan, begitu pun ketika kami masuk di beberapa ruangan yang sedang digunakan untuk praktek kami disapa dengan sapaan " Good Afternoon Mam / Sir ". Jadi sepanjang tour keliling kampus ini senyum selalu merekah di wajah kami para blogger untuk menjawab setiap sapaan mereka :) Dan ternyata itu merupakan budaya yang diterapkan di kampus ini yaitu warm greetings kepada siapapun yang mereka temui di lingkungan kampus baik teman seangkatan, kakak atau adik kelas, bahkan terhadap dosen dan staf kampus. Hal ini menurut saya bagus sekali karena menciptakan suasana yang hangat di dalam kampus.

Kesan setelah melakukan tour keliling kampus itu.....
Jika saya boleh mengulang waktu mungkin kampus STP Bandung ini sudah menjadi salah satu pilihan saya untuk melanjutkan studi setelah lulus SMA, hehe. Karena selain fasilitas kampus yang cukup nyaman dan lengkap, kurikulum yang lebih dominan pada kegiatan praktek membuat semua materi kuliah tersampaikan lebih baik kepada mahasiswa. Saya pun melihat mahasiswa yang sedang praktek sangat enjoy mengikuti kegiatannya dan selalu mendapat pendampingan dari kakak kelasnya.

Saya senang sekali ketika tour ini berlangsung karena dapat melihat langsung kegiatan praktek mahasiswa dari dekat. Yang paling menarik adalah ketika kita berada di Nusantara Restaurant dimana tempat tersebut dijadikan tempat praktek untuk table manner dan serving dishes. Masakan yang dimasak pun adalah real food yang dimasak oleh mahasiswa jurusan Tata Boga dan Patiseri. Tempat yang membuat saya betah salah satunya adalah baking kitchen karena harum aroma kue yang sedang dipanggang menyebar keseluruh ruangan, membuat saya jadi lapar pada saat itu :p

Toza Cafe
Table Manner
Mini Bar
Kitchen
Baking Kitchen
Di saat yang bersamaan pun ternyata sedang dilaksanakan pelatihan untuk kompetisi internasional, pihak kampus bekerja sama dengan SMK di kota Bandung untuk mengirimkan delegasinya dari Indonesia yang akan bertanding di Kuala Lumpur, Malaysia. Hal ini menunjukan bahwa pihak kampus pun senantiasa bekerja sama dengan instansi lain dalam berbagai program yang mendukung pendidikan terutama di bidang kepariwisataan dan perhotelan. Dan jangan khawatir juga, ternyata pihak kampus pun memiliki program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dan tidak mampu sehingga membuka peluang yang besar untuk siapa pun yang ingin berkuliah di STP Bandung ini. Akhir kata saya sangat merekomendasikan sekali kampus ini untuk para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya atau saudaranya di bidang kepariwisataan dan perhotelan.

Semoga dengan semakin banyaknya lulusan terbaik yang dihasilkan kampus ini akan memperbaiki kualitas pariwisata Indonesia beserta pelayanannya, sehingga pariwisata Indonesia kedepannya bisa sekelas dengan pariwisata dunia, aamiin...

sumber : facebook STP Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ( http://stp-bandung.ac.id )
Jl Dr. Setiabudhi No 186, Bandung 40141
Telepon : (022) 222011456 Fax : (022) 222012097 




You Might Also Like

12 komentar

  1. wah.. ini saya baru tau dalamnya seperti apa. biasanya saya cuma dengar namanya aja.. ENHAI.. hehe..

    ternyata, memang benar-benar dididik keterampilannya ya.. mantap memang kampus ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss! sama kita mba, hehe
      sering dengar namanya aja ya dari dulu, tapi alhamdulillah kemarin saya dapat kesempatan keliling kampusnya :)

      Delete
  2. Wah cita cita dulu mau masuk kuliah perhotelan dibandung tapi ga diizinin jauh dari ortu akhirnya milih ekonomi ^^ masih suka sih lihatnya. Seru !

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba witha, kemarin juga seru liatin mahasiswa yang lagi praktek :) wah kita sama belum rejekinya kuliah perhotelan yaa, hehe

      Delete
  3. Wah toza kafenya lucu :3 kakak sepupu hana alumni enhai lho mba ingga tapi hana ngga pernah ke sana. Makasih ya udah sharing jadi tahu isi kampusnya seperti apa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun yang tinggal dibandung dari kecil baru pertama kali mba lihat kampusnya enhai, hehe.. cuma memang dari dulu nama enhai udah terkenal ya :)

      Delete
  4. Ingga....jadi kangen Bandung. Dulu tahun 80-90 akhir emak bandung jualan di sini, sampai awal 2000an masih suka nitip risol sampe nggak boleh sama anak cucu soalnya kasian udah sepuh hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh legend banget pasti itu risolnya yaa.. ayoo sini maen ke bandung lagi mba :)

      Delete
  5. Menarik banget menjelajah kampus ini. Dulu pernah sekali ke sana ada acara, tapi belu pernah menjelajah sampai sedekat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba :) saya pun excited banget ketika tour keliling kampus, hehe

      Delete
  6. Masuk kitchennya boleh icip hasil masakannya ngga neng? Hihi. Seru ya keliling kampus, buat universitas perhotelan lengkap kap kap yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya pas masuk kitchennya belum ada yang bisa diicip, hehe
      iyap bener mba seru banget, dan stp ini termasuk salah satu kampus perhotelan paling fav di bandung :)

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images