Beautiful Palaces and Garden in London, United Kingdom

6:38:00 AM

Assalamualaikum...

Berbicara tentang London tidak bisa lepas dari kata istana atau kerajaan, karena memang sistem pemerintahan United Kingdom sendiri adalah monarki konstitusional dimana negara dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Hal ini yang menyebabkan banyak istana - istana yang didirikan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan ataupun sebagai tempat raja atau ratu menjalankan pemerintahan.

Saya sempat mengunjungi beberapa istana - istana yang cantik selama berlibur disana, ada yang hanya bisa kita lihat dari depan saja ada juga yang sudah dijadikan tempat wisata sehingga kita bisa memasuki beberapa ruangan yang diijinkan.

BUCKINGHAM PALACE

Yang pertama adalah Istana Buckingham, yaitu tempat dimana Ratu Elizabeth II tinggal dan menjalankan pemerintahan sebagai ratu inggris. Istana ini terletak di pusat kota London, sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Untuk mengunjungi istana ini saya sarankan datang sebelum jam 11.30 am yaa!  karena di jam tersebut setiap harinya diadakan pergantian penjaga istana yang sudah dilengkapi beberapa atraksi sehingga menjadi tontonan yang cukup menarik untuk wisatawan. Tapi jangan salah ketika saya datang sekitar jam 11.00 am ternyata daerah sekitar istana sudah sangat penuh oleh wisatawan, dan dengan postur tubuh orang asia yang mungil ini ternyata saya cukup kesulitan melihat pergantian penjaga tersebut dari jarak dekat akhirnya saya memutuskan untuk menikmati atraksi dari kejauhan karena sebenarnya pergantian penjaga istana tidak hanya dilakukan di halaman istana melainkan dilengkapi dengan atraksi polisi berkuda dan marching band di sekitar area The Mall, yaitu jalan menuju istana Buckingham.

Buckingham Palace
The Guards
The Mall
After changing of the guard
Police
Proses pergantian penjaga istana ini cukup lama sekitar 1 jam, karena ditambahkan beberapa atraksi marching band yang pada saat saya berada disana kebetulan memang sedang "Starwars Day" sehingga ada salah satu theme song starwars yang dimainkan, lucu juga ya :). Berikut ini saya tampilkan video ketika proses pergantian penjaga istana sudah selesai dan penjaga sebelumnya keluar dari kawasan istana. Maaf karena kebetulan yang videoin kurang canggih alias amatir (read : saya sendiri) jadilah videonya kebulak - balik, hehe. Ini adalah video yang paling layak tampil diantara video lain yang sangat tidak layak. Catatan buat saya berarti harus lebih banyak persiapan dokumentasi lagi sebelum pergi berlibur, hehe.




KENSINGTON PALACE & GARDEN

Istana yang satu ini adalah istana yang tidak terlalu besar dan masih berada di kota London. Katanya Kensington Palace ini adalah tempat tinggalnya Duchess of Cambridge atau yang kita kenal Kate Middleton dengan suaminya Prince William. Istana ini hanya bisa kita lihat dari kejauhan saja, namun disekitar istana terdapat taman yang luas sekali yaitu Kensington Park dan Kensington Garden. Di London ini memang banyak taman - taman yang luas dan indah sehingga kita bisa menghabiskan waktu di taman untuk sekedar berjalan - jalan menikmati pemandangan atau menghabiskan waktu dengan mendengarkan musik dan membaca buku favorit, bahkan menjadi tempat yang seru juga untuk hangout bersama teman - teman dengan membawa perbekalan makanan atau camilan terlebih dahulu. Saya sih tipe traveller yang senang menikmati suasana kota yang berbeda sehingga taman - taman di London menjadi salah satu tempat tujuan yang wajib untuk dikunjungi. Saya bisa menghabiskan waktu yang cukup lama di taman ini dari mulai bercanda dengan teman, makan camilan perbekalan, menikmati alam sekitar sambil mendengarkan musik, bahkan sampai sesi foto ala ootd untuk kebutuhan eksis di media sosial, hehehe...

Kensington Palace
Kensington Garden
Flower
Kensington Park
Kensington Park
The Ducks at The Park
Kensington Park
with Friends
Leyeh Leyeh di Taman
Leyeh Leyeh part 2 :p

WINDSOR CASTLE

Istana yang satu ini terletak di city of Windsor, lumayan agak jauh dari London sekitar 1 jam menggunakan tube atau kereta dari Paddington Station dengan tujuan Windsor Central Station yang lokasinya sangat dekat dengan Windsor Castle. Istana ini adalah istana yang masih sering dikunjungi oleh keluarga kerajaan, tapi sayang ketika saya mengunjunginya tidak ada bendera kerajaan yang berkibar yang berarti sedang tidak ada anggota kerajaan di istana. Padahal saya berharap bisa melihat anggota kerajaan yang dadah - dadah menyapa masyarakat, hehe :p

Ketika memasuki kawasan istana saya hanya bisa takjub karena istana ini sangat luas sekali sekitar 13 hektar, dan berbentuk seperti istana yang sering diceritakan di negeri - negeri dongeng. Untuk anak - anak yang tumbuh dengan berbagai cerita dongeng seperti saya ini, mengunjungi kastil kerajaan menjadi hal yang menakjubkan karena istana yang biasanya hanya kita bayangkan ketika mendengarkan dongeng saja, kali ini bisa melihatnya secara real, ini agak sedikit hiperbolah sih (>_<) Tapi menurut saya kawasan istana ini benar - benar sangat bagus sekali dan banyak spot yang bisa dijadikan tempat berfoto untuk mengabadikan momen atau seperti biasa untuk berfoto ala ootd, hehe. Menurut saya istana ini adalah salah satu tempat wisata yang harus masuk dalam daftar itinerary jika kita mengunjungi UK, karena katanya Windsor Castle ini salah satu istana terbesar di dunia yang masih dihuni hingga saat ini.

Tempat yang diijinkan untuk dikunjungi wisatawan adalah St. George's Chapel, State Apartment, Queen Marry Dolls House, Drawing Gallery dan atraksi pergantian penjaga istana yang dilakukan setiap hari jumat jam 11.30 am. Secara kebetulan saya mengunjungi istana ini pada hari jumat juga, padahal sebelumnya saya tidak tahu loh bahwa pergantian penjaga istana dilakukan di hari itu, Alhamdulillah mungkin itu yang dinamakan rezeki ya :). Pengunjung Windsor Castle ini pun cukup banyak karena selain memang bertepatan dengan hari jumat, pada hari itu juga cuaca sedang cerah dan hangat sehingga banyak warga setempat yang menghabiskan waktu di luar rumah salah satunya dengan mengunjungi istana ini. Biaya masuk kawasan istana sekitar £18 - £20 , harga tepatnya maaf saya lupa, hehe.. Tiket yang sudah dibeli jangan sampai hilang ya karena tiket masuk berlaku selama satu tahun, jadi jika ada rezeki untuk mengunjungi UK lagi, kita bisa masuk kawasan istana ini dengan gratis :)

Sebelum para readers kecewa karena berharap saya akan share foto - foto di dalam istana yang megah dan menakjubkan, saya akan beritahu dulu bahwa didalam istana ternyata dilarang mengambil foto pemirsa, fyuh... jadi selama di dalam istana saya hanya benar - benar kagum menikmati suasana istana dengan sedikit membayangkan " enak gak sih sebenarnya hidup jadi anggota keluarga kerajaan yang tinggal di istana sebesar ini dengan puluhan pelayan dan penjaga ? " dimaklumin saja namanya juga anak perempuan pasti waktu kecil pernah bercita - cita jadi seorang princess ya kan....
Jadi foto yang saya share disini hanya foto di kawasan luar istana saja ya, tapi tetap banyak spot foto yang bagus kok di kawasan luar istana... check this out!

Windsor Castle
St George's Chapel
The Castle
The Castle
The Castle
The Castle
The Castle
Maaf agak oot sedikit nih, ada yang sudah nonton film AADC2 ? dimana rangga menjelaskan tentang perbedaan travelling dan liburan, kata rangga... yang namanya liburan itu biasanya semuanya sudah terencana mulai dari tujuan, transportasi dan akomodasi yang nyaman, nah kalau travelling itu lebih kepada proses perjalanannya bukan hanya tujuannya. Jadi biasanya travelling itu lebih spontan dan lebih berani mengambil resiko, tapi bukan tanpa rencana juga yaa :) misalkan dilihat dari transportasi yang digunakan dimana lebih memilih untuk menikmati perjalanan dengan transportasi umum yang masyarakat setempat gunakan dibanding dengan menyewa kendaraan yang nyaman untuk menuju tempat tujuan, selain itu biasanya kita jadi lebih terbuka dengan orang - orang baru yang kita kenal selama perjalanan bahkan seringnya menemukan teman baru.
Saya cukup setuju sih dengan perbedaan itu, karena ketika saya berlibur ke UK ini lebih ke arah travelling sebenarnya, karena saya benar - benar menikmati setiap perjalanan mulai dari menggunakan alat transportasi umum yang berbeda - beda seperti tube, bus, black cab, menyewa uber, bahkan dengan berjalan kaki menyusuri kota pun pernah saya lakukan. Dan yang paling bikin happy adalah bertemu dengan teman  - teman baru tentunya. Seperti perjalanan saya ke Windsor Castle ini saya bersama temannya teman saya asal indonesia juga yang sedang studi di London, kami baru kenalan di London tetapi merasa seperti sudah lama kenal karena kalau kita bertemu orang indonesia di luar negeri itu seperti bertemu dengan keluarga sendiri loh, langsung akrab dan tentunya obrolan pertama yang dibicarakan biasanya tidak jauh - jauh dari kangen makanan indonesia, hehe :)

Menanti pergantian penjaga istana bersama rombongan anak - anak yang sedang study tour
with Gya dan Putri :)
Selfie is a must
with Ari, Gya, dan Putri
still from windsor castle
Selfie again 
Keep Calm and Carry On Working, I'm on Holiday in London :p
Nah ketiga istana diatas adalah hanya sebagian kecil istana yang saya kunjungi selama di UK, karena masih banyak istana yang tersebar di beberapa daerah seperti The Palace of Holyroodhouse di Edinburgh atau Hampton Court Palace di Richmond. Berhubung waktu liburan saya yang terbatas jadi hanya tiga istana tersebut yang sempat saya kunjungi :)

Next post, saya akan cerita pengalaman saya bertemu dengan abang Johnny Depp loh di London, penasaran gak? ditunggu ya cerita selanjutnya :)




You Might Also Like

18 komentar

  1. Yaaay selamat ya rumah baru! Seru banget cerita jalan2 sekitaran London, semoga bisa kesana jugaa.. AMIIN *gede2* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay..... ikut ngaminin yang kenceng x)
      ayo ganti ganti ganti domainnya *kompor* hahaha

      Delete
  2. Wah jadi penasaran dalem istananya deh sayang yah ga bisa di foto :D Seruu banget bisa berlibur kesaanaaa semoga bisa juga kesanaaa :)) Aaaminnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba :) iya di dalam istananya megah banget cuma sayang gak boleh difoto, hehehe

      Delete
  3. waaaa... seru banget nih.. moga-moga entar saya juga bisa jalan-jalan ke London :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga bisa kesana juga ya mba :)

      Delete
  4. Aduuuh...udah paling luluh lah kalo liat postingan tentang garden & park.. suka banget sama tanaman & hijau-hijau soalnya.. thanks for sharing! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa banget indah... paling betah berlama lama di taman padahal kadang gak ngapa2in cuma menikmati pemandangan doang, hehe

      Delete
  5. Yeaay akhirnya udah pindah alamat, hohoho. Iiih bikin mupeng ingga. Fotonya digedein napa neng, mau nikmatin foto2nya jugaaa, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu diaaa... aku lagi ngutik2 code supaya fotonya bisa gede tapii belum berhasil ajaaaah, hahaha. nunggu pencerahan hasil googling dulu keknya X)

      Delete
  6. waaawwww aku pengen banget foto depan pager Buckingham Palace trus tulis caption 'home', laaahhh berasa cucu Ratu ;p

    aamiin aja ya aamiin !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha lucu pasti fotonya kak luna ;D
      aamiinin aja yaa aamiin, nanti kesana barengan maliq juga yaa

      Delete
  7. Wuuaaaah keren banget foto-fotonyaaa. Kensington garden aku suka, bunganya indah. Duh bakal betah deh duduk-duduk di taman itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kesana pas spring jadi pas lagi pada mekar bunganya :)

      Delete
  8. Cie Ingga udah pindah rumah, gie juga lagi pindahan nih semoga mingdep udah pindah rumah hahaha....btw busway, Indah banget ya UK, semoga one day bisa ke sana sama orang yang disayang #aamiin #cita2 pengen stay di UK :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe akhirnyahh ya pindah rumah juga ini blog :p nanti kumampir ya ke rumah barunya ya...
      UK emg indah banget mba tapi untuk tinggal disana, hmm pikir2 dulu klo aku soalnya mau makan tempe ajah harganya 30rb satu papan, hahaha :))

      Delete
  9. Cakep banget Kensington Parknya.. Bunganya sedang mekar :D kira2 London trip gini baby friendly ga yaaa hehee.. iya kalo ketemu orang Indo di luar negeri, rasanya kayak ketemu sodara yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin pas banget baru mulai spring jadi lagi mekar bunganya :)
      London baby friendly banget sih mba, banyak orang sana jg yang jalan2 bawa baby pake stroller ketjehnya masing2, hahaha tp alat transportasi umum nya juga udah banyak yang menyediakan tempat stroller gitu.. ayoo jalan2 lagi sama baby Z mba, hehe

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images