The Great Harry Potter Tour ( London, Oxford, Watford )

11:13:00 AM

Assalamualaikum...

Akhirnya setelah hampir dua bulan yang lalu berniat ingin berbagi cerita tentang liburan saya ke London, baru hari ini terlaksana juga. Semoga belum basi ya ceritanya, hehe. Liburan ke London kali ini bisa dibilang liburan yang cukup random dan tiba - tiba, jadi saya tidak menyiapkan itinerary yang lengkap, oleh karena itu ceritanya akan dibagi berdasarkan beberapa tempat menarik yang saya kunjungi selama disana.

Cerita yang pertama ini adalah tentang tempat yang paling ingin saya kunjungi sejak mendarat di London yaitu Warner Bross Studio - The Making of  Harry Potter karena saya adalah salah satu fans Harry Potter, walaupun bukan freak fans yang sampai punya banyak merchandise atau tergila - gila dengan tokoh Harry Potter, tapiii saya baca bukunya dari edisi pertama sampai terakhir dan kalau filmnya diputar di bioskop, saya salah satu penonton yang ngejar nonton premiere atau pokonya harus nonton di bioskop deh! kayanya gak ada bedanya yaa.. Tapi apapun itu yang membuat saya sangat tertarik dengan cerita Harry Potter adalah imajinasi penulisnya yang sangat luar biasa, apalagi konon katanya cerita dunia sihir ini berawal dari cerita pengantar tidur untuk anak -anaknya loh, beruntung sekali ya anaknya seorang JK Rowling.

Berbicara tentang Harry Potter, siapa yang tidak kenal dengan penyihir laki - laki dengan bekas luka berbentuk petir di dahinya ini. Cerita tentang dunia sihir karya JK.Rowling ini memang sangat terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia, bahkan filmnya pun selalu masuk dalam daftar film Box Office.

Alhamdulillah saya berkesempatan untuk berlibur ke London, dan salah satu planning saya memang mengunjungi beberapa tempat yang menjadi lokasi syuting film harry potter, salah satunya adalah Studio Warner Bross - The Making of  Harry Potter yang berlokasi di Watford. Sebelum mengunjungi tempat tersebut, saya sempat mengunjungi beberapa lokasi yang pernah dijadikan lokasi syuting film harry potter juga, salah satunya yaitu Milenium Bridge yang terletak di kota London. Jembatan ini sempat muncul di scene awal film Harry Potter and The Half Blood Prince ketika para Dead Eaters muncul di kota London dan membuat kekacauan dengan menghancurkan jembatan ini.. Walaupun di film jembatan ini dihancurkan oleh para Dead Eaters tapi tenang saja itu hanya rekayasa ko, ketika saya kesana Alhamdulillah jembatannya masih baik - baik saja, hehe..

 

Milenium Bridge from the top
Milenium Bridge
Masih di kota London, ada satu tempat yang harus dikunjungi untuk para fans harry potter yaitu Kings Cross Station, stasiun yang dijadikan lokasi syuting dimana kita harus mencari peron nomor 9 3/4 untuk masuk ke Hogwarts Express Station. Di stasiun ini sudah disediakan lokasi peron 9 3/4 lengkap dengan properti untuk berfoto seperti syal asrama dan tentu dorongan yang berisi koper dan kandang burung hantu yang akan dibawa ke Hogwarts. untuk berfoto di peron ini kita harus antri terlebih dahulu ya karena banyak turis yang ingin berfoto disini juga. Kita bisa menggunakan kamera sendiri atau disediakan juga layanan foto menggunakan kamera yang cukup oke agar kita bisa foto sambil lompat - lompat dan kibas syal (>_<) seakan - akan kita sedang berlari untuk masuk kedalam peron 9 3/4 tersebut, hehe. Namun jika kita menggunakan layanan foto yang disediakan, kita harus membayar sebesar £7 untuk mencetak 1 buah foto. Selain itu ada juga toko souvenir yang menyediakan beberapa souvenir khas hogwarts, salah satunya yang saya beli adalah Bertie Botts Flavour Beans, atau permen aneka rasa yang benar - benar beraneka rasa sampai ada rasa rumput, sabun, kotoran hidung bahkan sampai rasa muntah, hahaha berani coba ??

souvenir shop
do you wanna try ?
let's go to Hogwarts
Agak jauh sedikit dari kota London, saya sempat mengunjungi kota Oxford dimana di kota ini pun ada beberapa tempat yang dijadikan lokasi syuting harry potter yaitu Bodleian Library ( lokasi scene perpustakaan hogwarts ) dan Christ Church ( lokasi scene taman hogwarts ). Untuk memasuki dua kawasan ini kita dikenakan biaya £6 - £12 tapi sayangnya dua lokasi ini adalah lokasi yang dijaga kesuciannya oleh masyarakat setempat sehingga kita dilarang mengambil gambar di dalam lokasi. Untuk menuju Oxford City ini bisa menggunakan bis yang disebut Oxford Tube dari bus stop tertentu di kota London dengan biaya same day or next day return ticket sebesar £18 dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam menuju kota Oxford. untuk informasi pembelian tiketnya bisa dilihat disini ya...

Bodleian Library
menunggu jadwal tour
Dan akhirnya tiba saatnya saya mengunjungi studio the making of harry potter setelah beberapa kali kehabisan tiket di websitenya, hehe. Untuk mengunjungi studio ini, kita memang diharuskan membeli tiket secara online di official website https://www.wbstudiotour.co.uk/ , kita dapat memilih jadwal tour yang tersedia di website dan melakukan pembayaran secara online karena di lokasi tidak disediakan loket pembelian tiket. Jadwal tour yang berbeda - beda ini sebenarnya memang untuk memfilter kedatangan wisatawan agar tidak bertumpuk pada satu waktu, karena ketika saya sampai di lokasi terlihat dari depan memang agak sepi padahal ketika di dalam ternyata cukup ramai tapi tidak sampai penuh sesak. Untuk menuju studio ini kita dapat menggunakan tube dari Euston Station menuju Watford Junction lalu menggunakan bus khusus untuk menuju studio dengan tiket seharga £2 untuk satu kali jalan atau £2,5 untuk tiket pulang pergi. Tetapi karena saya ambil jadwal tour yang pagi dan kebetulan dari lokasi saya menginap itu cukup jauh untuk menuju Euston Station terlebih dahulu dan ceritanya supaya aman sampai di lokasi tepat pada waktunya, maka saya dan teman saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan uber dengan sharing cost tentunya agar lebih hemat.

Warner Bros Studio Tour
Sesampainya disana kita harus menukarkan bukti pembayaran online kita dengan tiket masuk, setelah itu kita akan masuk ke lobby dimana disekeliling dindingnya terdapat beberapa foto pemeran film harry potter. Nuansa harry potter semakin terasa ketika disana ditampilkan juga mobil terbang milik keluarga Weasley dan set kamar harry di lorong tangga kediaman Paman Vernon, ternyata set kamar itu dibuat real sesuai dengan yang ada di film.

Lobby
Lobby
kamar harry potter
weasley's car
Kita diharuskan mengantri untuk memasuki sebuah ruangan seperti bioskop dengan layar putih didepannya yang menayangkan greetings dari 3 sekawan Harry Potter, Ron Weasley dan Hermione Granger. Setelah scene terakhir yang menayangkan bahwa mereka masuk kedalam pintu the great hall Hogwarts, lalu layar putih yang menampilkan film itu digulung keatas dan muncullah pintu masuk yang sebenarnya. Jujur saya sedikit degdegan bercampur amazed saat pintu dibuka dan akhirnya kita masuk kedalam The Great Hall Hogwarts yang menampilkan set asli yang biasa digunakan untuk syuting, bahkan lengkap dengan peralatan makan dan seragam masing - masing asrama di Hogwarts.

The Great Hall
The Great Hall
sorting hat - topi pemilih
Gryffindor's Uniform
Selain menampilkan beberapa set asli, didalam studio pun kita bisa mencoba beberapa teknik yang biasa dilakukan saat syuting, salah satunya adalah teknik menggunakan sapu terbang lengkap dengan jubah asrama yang bisa kita coba dan juga teknik menggunakan tongkat sihir.

Trying to be a witch :p
Di dalam studio sebenarnya saya tidak bisa berhenti untuk bilang "WOW!" karena memang untuk pembuatan film yang satu ini ternyata persiapan yang dilakukan sangat luar biasa. Mulai dari pembuatan beberapa set asli diantaranya ruangan Profesor Dumbledore, ruang rekreasi dan kamar asrama gryffindor, ruang kelas ramuan, rumah Hagrid, kementrian sihir, diagon alley, hingga hogwarts express station yang dibuat sedetail mungkin. selain itu untuk pembuatan set asli ternyata para arsitek dan designernya membuat replikanya terlebih dahulu dari semacam kertas duplex sebelum membuat set aslinya. Berikut ini saya tampilkan beberapa foto set asli yang digunakan saat syuting agar tidak penasaran :)

Gryffindor bedroom
Ruang Rekreasi
Prof Dumbledore's room
Hagrid's house
Diagon Alley
Hogwarts Express
Dan diakhir trip ini saya lagi - lagi dibuat takjub dengan penampakan miniatur Hogwarts yang terlalu besar sebenarnya jika dibilang miniatur, karena mini Hogwarts ini ukurannya lumayan besar dan sangat sangat sangat detail. Diruangan ini pun kita diberikan backsound sedikit dramatis sehingga membuat rasa kagum makin muncul ketika kita melihat setiap detail yang ditampilkan. Sebagai pelengkap saya tampilkan video durasi singkat ketika saya takjub melihat miniatur Hogwarts ini :)

miniatur Hogwarts
Mini Hogwarts


Menulis cerita tentang harry potter ini membuat saya sangat rindu dengan London, semoga suatu saat nanti saya bisa kembali kesini lagi untuk megeksplor tempat baru dan membuat cerita baru yang lebih seru :) Semoga tulisan ini juga dapat sedikit mengobati rindu para pecinta Harry Potter ya! Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca blog ini, tunggu cerita selanjutnya ya! :)

You Might Also Like

29 komentar

  1. Mba ingga beruntung banget bisa mengunjungi langsung hogwarts.. aku bacanya aja udah merinding disco.

    Udah kebayang jalan2 di diagon alley laginnyari tongkat sihir buat tahun ajaran baru. So awesome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, saya bisa kesampean melihat langsung set hogwarts :)
      tidak akan menyesal pokonya mengunjungi tempat yang satu ini, hehe
      semoga mba siti nanti bisa kesana juga yaa, aamiin...

      Delete
  2. Aaaaak...ngiri deh, pengen juga ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudoakan semoga mba khalida bisa kesana juga yaa, aamiin :)

      Delete
  3. Mba keren pisan saya penggemar sama spt mba wlw ga punya merchandisenya tp sgt suka buku n filmya. Pengen pisan bisa kesana semoga ketularan mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga mba herva juga bisa kesana yaa :)

      Delete
  4. Ingggaaaaaa mupeng banget aslik! Gegara penjelasan kamu detail banget jadi makin kabitaaa. Btw aku merinding bahagia gitu pas liat the great hall. Rinduuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. someday semoga bisa kesana juga yaa, aamiin
      aslik aku juga klo disuruh balik lagi mauuu banget! hehe
      saking rindunya aku puter ulang dong filmnya yang ke 6 & 7 hari ini x)

      Delete
    2. Coba nonton video premiere film nya yg terakhir deh, di Youtube. Udah lengkap, bikin baper pula gaaakkk!

      Delete
  5. Keren tempatnya, wah kapan ya bisa liat studio Harry Potter sendiri hehe
    TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama mba, semoga nanti bisa kesana juga ya mba, aamiin :)

      Delete
  6. Super keren banget mbak, aku ngefans banget sama semua serial cerita Harry Potter. Andai aja bisa main ke studionya Harry Potter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay! senangnya jadi bertemu para pecinta harry potter disini :)
      aamiin mba, saya doain ya semoga bisa kesana juga..

      Delete
  7. Ahh.... Ingga, how lucky you are :) Aku sampai ngga berhenti baca tulisan kamu. Aku suka juga sama harry potter but I'm not a fans :p cuma suka aja nonton karena keren banget. Yang aku pengen lihat kalau ke london itu London Eye dan bisa naik juga. Entah kenapa suka banget sama kincir raksasa itu.Selain London Eye mau banget ke Oxford University. Pernah mimpi bisa sekolah disana, tapi belum kesampaian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba uci, gak nyangka juga bisa kesampean kesana, hehe
      oxford itu harus masuk list kota yang wajib dikunjungi di UK, kotanya klasik bgt jadi enak buat jalan - jalan :) semoga someday bisa kesana juga ya mba, aamiin

      Delete
  8. wah ada juga yg nulis artikel dg bodleian library , des 2015 kemarin waktu jalan2 ke oxford

    baru nyadar bodleian library itu dipakai shooting harpot kata tour guidenya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba jarang ada yang nulis artikel tentang library ini karena memang dilarang ambil gambar juga di dalam yaa, hehehe

      Delete
  9. Saya juga penggemar HarPot.. yang buku ke limanya yang ada 1000 lbh halaman cuma saya baca 2 hari saja.. sakinggggg ga mau ketinggalannya.. cuma buku terakhirnya nih yang belum sempet kebaca karena udah keduluan nikah.. heheheee..
    Semangat teh ingga.. semoga bisa kesana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah buku terakhir padahal seru teh... belum telat ko klo mau baca sekarang juga, hehehe
      aamiin... semoga ada rejekinya bisa balik lagi :)

      Delete
    2. Yg ke tujuh blm baca .. udah keluar buku yg kedelapan.. tapi udah ada versi indonya blm ya....

      Delete
  10. Masya allah keren banget mba :) makasih udah sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama mba hana :)
      iya kereeen bangeet, aku aja susah move on dari tempat inih mba, haha

      Delete
  11. Sambil baca postingan ingga sambil baca shalawat, semoga bisa juga ke sana one day. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa sebut nama akoh ya mba, hahaha
      pengeeen banget juga bisa balik kesini lagi ;D

      Delete
  12. Nggak nyesel deh mampir di blog mbak Ingga.. semoga pengalaman mbak nular yaaah ke aku:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasi sudah baca blog aku ya mba Femita :)

      Delete
  13. OMG YOU ARE SO LUCKY! :) Pengen banget suatu hari kesini :))

    ReplyDelete
  14. Mba bbrp.kali kehabisan via website akhirnya dapat caranya gimana. Apa ada kemugkinan muncul lg yg udah soldout? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek terus websitenya mba, kadang suka muncul lagi jadwal yang available :)

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images