Kuliner Favorit di Garut

12:46:00 PM

Assalamualaikum...

Garut adalah kota yang dikenal sebagai kota intan, tapi untuk saya garut itu lebih cocok disebut kota sejuta kuliner enak, hehe. Kenapa? karena di kota garut ini banyaaaak bangeeet pilihan kuliner enak, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga menu restoran. Bagi orang yang sangat doyan jajan seperti saya ini paling happy untuk mengeksplor kuliner di kota garut ini.

Kali ini saya mau share beberapa kuliner favorit ketika saya dan keluarga berkunjung ke Garut terutama jika waktunya mudik tiba, karena biasanya saya dan keluarga akan stay beberapa hari di kota ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga sekaligus untuk berwisata kuliner. Semoga bisa jadi referensi bagi teman - teman yang ingin berwisata ke kota Garut bersama keluarga ya :)

1. Bubur Ayam 39
Bubur ayam yang satu ini sudah memiliki beberapa cabang, yaitu di jalan otista ( tarogong ), di jalan ahmad yani depan bank BRI, dan satu lagi adalah tempat aslinya yaitu di di jalan cikuray tepatnya di depan toko sepatu 39, oleh karena itu disebut bubur ayam 39 :)  jika ingin mencicipi bubur yang satu ini, kita harus bangun pagi - pagi ya! karena biasanya sekitar jam 9 atau jam 10 pagi bubur sudah habis diserbu pembeli.

bubur ayam 39
satu porsi bubur ayam
2. Bakso M. Imu
Untuk para penggemar bakso kampung ( bakso yang biasanya pakai sayur atau tauge dan biasanya baksonya pakai isian daging cincang atau urat ), tidak bisa dilewatkan untuk mencicipi bakso yang satu ini jika berkunjung ke kota Garut :p tukang bakso yang berlokasi di jalan pasundan ini juga sudah membuka beberapa cabang diantaranya di jalan ciledug dan jalan cimanuk. Bakso yang paling favorit adalah bakso uratnya, tapi saat ini sudah bertambah varian baksonya seperti bakso mercon (cabe rawit) dan baso jando (lemak sapi). Yang luar biasa dari tukang bakso ini adalah pada saat hari raya Idul Fitri pun tempat ini buka loh pada siang sampai malam hari dan tentunya tetap ramai pembeli, haha.
Entahlah nama M.imu ini singkatan dari Mang Imu atau Moh. Imu x) yang jelas rasa baksonya spesial menurut saya, apalagi jika ditambahkan sambal khas yang beraroma kacang dan kecapnya yang konon katanya kecap buatan sendiri, tambah penasaran gak readers ? 
Bakso M.Imu
Bakso Urat 

Bakso Mercon & Bakso Jando
3. Bakso SR
Nah kalau tipe bakso yang satu ini adalah bakso kota, yaitu bakso dengan mie kuning homemade dan baksonya kecil - kecil dan tidak pakai isian. Untuk review dari bakso ini yang pastinya enak dong, makanya saya tulis dipostingan ini. Kuah baksonya bening, rasa mienya kenyal dan lembut dan baksonya juga kenyal "normal" bukan kenyal seperti karet jadi saya suka. Yang khas dari bakso SR ini sambal bawangnya yang bikin rasa kuah bakso makin yummy :9

4. Nasi Goreng Kingkong
Sebenarnya nama nasi goreng ini masih misteri sih, karena di spanduk pun tidak ditulis namanya, hanya saja tukang nasi goreng ini dulunya berjualan di depan toko kingkong di jalan ahmad yani jadi keluarga saya menyebutnya nasi goreng kingkong, hehe. Nasi goreng kingkong ini seperti nasi goreng pinggir jalan pada umumnya, yang membuat beda adalah rasa dari bumbunya, seperti ada aroma kacang yang membuat rasanya jadi berbeda dan tentunya cocok dilidah saya. Kita bisa memesan nasi goreng biasa atau spesial, bedanya jika nasi goreng spesial ditambahkan telor ceplok dan irisan sate ati - ampela ayam yang sudah diberi bumbu sebelumnya. Nasi goreng ini baru buka pada malam hari sekitar pukul 18.30 sampai habis, begitu kalau kata abang penjualnya :)

Nasgor Kingkong
malah foto abangnya, haha soalnya beli nasgornya dibungkus :p
5. Es Goyobod Alun - Alun Garut
Es goyobod ini adalah minuman khas daerah priangan, rasanya mirip dengan es campur hanya ada tambahan goyobodnya yaitu adonan tepung yang sudah dipotong - potong (mirip dengan cingcau hanya teksturnya lebih lembut). Lokasi es goyobod yang terkenal ada di daerah alun - alun kota garut, dekat dengan mesjid agung kota garut. Untuk satu porsi es goyobod ini sekitar Rp 5.000,-.

Es Goyobod Alun - Alun

Es Goyobod

6. Pasar Ceplak
Untuk yang ingin wisata kuliner malam di kota Garut dan belum punya referensi tempat makan yang enak, pasar ceplak ini adalah solusinya. Kenapa? karena pasar ceplak ini adalah tempat berkumpulnya pedagang - pedagang makanan pada malam hari. Lokasinya di sepanjang jalan siliwangi garut yang di blokir khusus malam hari untuk para pedagang makanan. Jadi kebayang kan kita tinggal pilih saja mau makan apa, hehe :)

Pasar Ceplak
Semoga bisa menjadi referensi kuliner bagi yang ingin berwisata ke garut :)

You Might Also Like

6 komentar

  1. Bakso merconnya bikin pengen. Penasaran juga bakso pake sambel kacang bakal kayal gimanaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakso merconnya mantep banget pedesnya loh, hehe.. pokonya klo sempet ke garut bakso yang satu itu wajib banget dicoba :p

      Delete
  2. bubur ayamnya bikin ngilerrrrrrrr :")

    salam kenal ya kak :D
    emaputeri.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur ayam 39 itu salah satu kuliner yang selalu dikangenin setiap ke garut mba, hehe.. salam kenal juga ya mba ema :)

      Delete
  3. Penasaran pengen nyicip baso M.Imu, soalnya suka sekali dengan baso kampung pake toge :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa mba saya juga pecinta baso kampung dibanding baso kota, hehe
      dan baso M.Imu ini memang kuliner wajib kalau ke garut :) endeuss soalnya

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images