Membuat Visa UK 2016

4:38:00 PM

Assalamualaikum...

Kali ini saya akan bercerita tentang sesuatu yang bikin saya dag dig dug lagi untuk kedua kalinya, hehe *lebay sih ini* tapi bener deh untuk saya pribadi membuat visa itu jadi sesuatu yang menegangkan aja gitu, karena lolos atau tidaknya visa seseorang itu adalah sesuatu hal yang sangat tidak bisa dipastikan. Banyak faktor yang memungkinkan seseorang gagal membuat visa dengan alasan yang seringnya hanya Allah dan kedutaan yang tau, hahaha.

Visa yang belum lama saya apply adalah visa United Kingdom (UK). Awal mula rencana berlibur ke UK ini adalah sesuatu yang sangat random pemirsa, sama sekali saya belum pernah merencanakan liburan ke negara ini karena wishlist negara yang ingin saya kunjungi setelah korea selatan sebenarnya adalah Turki. Tapi mungkin belum rejekinya mengunjungi Turki karena sempat dibuat agak paranoid dengan berita bom yang terjadi disana.

Dimulai dari chat dengan salah seorang sahabat saya sebut saja Shabrina *maaf na namanya gak disamarkan :p* yang kebetulan sedang tinggal di London hingga akhir tahun ini... panjang lebar ngobrol kesana kesini akhirnya berujung saya menulis "na, pengen deh liat london". Bak gayung bersambut temen saya jadi semangat juga ngajak saya untuk liburan ke London, yasudahlah akhirnya liburan tiba - tiba ini pun mulai direncanakan. Step pertama yang saya pikirkan tentu masalah visa, karena saya belum pernah mengunjungi negara eropa sebelumnya jadi belum ada pengalaman membuat visa untuk negara tersebut. Mulailah menggunakan the power of googling cara pengajuan visa untuk UK dan ternyata informasi - informasi yang dishare di internet itu sangat membantu loh :) oleh karena itu, saya ingin share pengalaman saya membuat visa UK disini, semoga bisa membantu bila ada yang membutuhkan informasi perihal pembuatan visa UK suatu hari nanti, aamiin...


Visa United Kingdom

Untuk mengunjungi negara eropa biasanya kita disarankan untuk membuat Visa Schengen, yaitu visa untuk mengunjungi beberapa negara uni-eropa sekaligus. Biasanya visa schengen diajukan untuk yang ingin melakukan eurotrip. Nah tetapi untuk mengunjungi negara UK ternyata tidak bisa dengan visa schengen,  melainkan harus membuat visa untuk negara UK itu sendiri. Berhubung waktu liburan saya yang sangat terbatas hanya 10 hari maka saya hanya berencana untuk mengeksplor kota London dan sekitarnya saja jadi saya hanya apply satu visa yaitu visa UK.

Untuk pembuatan visa UK ternyata tidak langsung mengurusnya ke kedutaannya melainkan via agen penyedia layanan visa yaitu VFS Global yang ada di jakarta dan bali. Untuk mengurus visa ini kita harus datang langsung ke kantor VFS pada saat pengumpulan berkas, jadi walaupun kita menggunakan jasa travel agent untuk mengurus visa, tetap saja pada saat jadwal pengumpulan berkas, foto dan finger print kita harus datang sendiri karena tidak bisa diwakilkan. Pihak travel agent biasanya hanya membantu pendaftaran, memastikan kelengkapan dokumen serta menentukan jadwal kapan kita akan mengunjungi kantor VFS. Oleh karena itu saran saya sih untuk pembuatan visa UK ini lebih baik sendiri saja karena biayanya jelas lebih murah :)

Berikut ini syarat dokumen yang harus dilengkapi untuk pengajuan visa UK untuk short stay (max 6 bulan) :
1. Paspor masa berlaku min. 8 bln terakhir + Paspor lama (jika ada), terutama jika sebelumnya pernah mengunjungi negara eropa atau amerika akan sangat membantu proses pengajuan visa selanjutnya.
2. Surat Sponsor dari tempat kerja/ tempat usaha dalam bahasa inggris, maksud surat sponsor ini adalah surat ijin cuti dari kantor untuk karyawan atau jika tidak bekerja bisa meminta surat sponsor dari orang tua atau suami yang menyatakan akan menanggung biaya perjalanan selama kita disana. Dokumen ini untuk memastikan pihak kedutaan bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk berlibur dan tidak akan mencari pekerjaan dinegara yang dituju. Jangan lupa untuk mencantumkan kalimat yang menyatakan kita akan kembali ke Indonesia jika masa cuti atau masa liburan telah  berakhir. Untuk contoh form surat sponsor bisa dicek disini yaa...
contoh surat ijin dari kantor

3. Pas foto berwarna 3,5cm x 4,5cm = 2 lbr (latar belakang hrs putih terbaru focus 80 %). Pembuatan pas foto ini tidak perlu pusing karena biasanya studio foto sudah punya daftar ukuran pas foto visa untuk beberapa negara, jadi kita tinggal bilang saja mau membuat pas foto untuk visa negara UK.
4. Surat Referensi Bank dalam bahasa inggris, surat referensi ini menyatakan bahwa kita adalah nasabah resmi bank tersebut. Untuk pembuatan surat referensi ini kita hanya tinggal mengunjungi customer service bank dimana kita memiliki tabungan, biasanya untuk pembuatan surat referensi dikenakan biaya 50rb sampai 100rb tergantung ketentuan masing - masing bank. Nah jika kita menggunakan surat sponsor orang tua atau suami maka surat referensi bank yang dibuat sesuai dengan nama yang tercantum di surat sponsor.
5. Copy Bukti Keuangan min. 3 bln terakhir (rekening koran). Bukti keuangan ini berfungsi untuk memastikan pihak kedutaan bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk liburan dan sama dengan surat referensi jika kita menggunakan surat sponsor maka bukti keuangan yang dicantumkan adalah rekening koran atas nama sponsor. Untuk ketentuan berapa banyak uang yang harus ada di tabungan memang tidak ada jawaban yang pasti untuk masalah ini. Hanya kita harus memiliki perhitungan sendiri berapa kira - kira biaya hidup perhari di negara yang akan kita tuju lalu dikalikan dengan lamanya kita tinggal disana. Untuk negara UK ini memang cukup tinggi biaya hidupnya karena mata uang yang digunakan pun adalah poundsterling dimana jika dikurs 1 pound itu kurang lebih sekitar 20.000 rupiah (T_T) *sedih mode on, seakan rupiah ga ada nilainya disana ya*.
6. Copy KTP, KK, Akte Lahir + ganti nama (jika nama beda) dalam bahasa inggris. Bagian ini yang agak PR untuk saya, hehe. Karena kita harus mencari translator yang bersertifikasi atau biasanya disebut sworn translator untuk mentranslate ketiga dokumen tersebut dengan biaya yang lumayan sekitar 120rb - 150rb per dokumen untuk copy pertama. Untuk sworn translator yang dapat dipercaya biasanya lebih baik jika kita bertanya kepada teman atau kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa translator sebelumnya, karena berdasarkan pengalaman saya ketika googling untuk sworn translator ini list yang muncul banyak sekali tetapi rata - rata hanya memberikan kontak via sosial media jadi jarang yang memiliki situs resmi.
7. Copy Akte Nikah dalam bahasa inggris (jika sudah menikah). Dokumen ini pun harus dalam bahasa inggris ya jadi jika sudah menikah maka akte nikahnya harus ditranslate juga kedalam bahasa inggris oleh sworn translator, kebetulan saya belum menikah jadi untuk poin no 7 dan 8 bisa saya skip dulu *peluk dompet*
8. Copy Akte Lahir Anak, Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah dalam bahasa inggris (jika membawa anak ikut serta dalam keberangkatan). Dokumen akta lahir anak harus dalam bahasa inggris juga ya :)
9. Print Out Tiket pesawat (optional). Nah untuk tiket ini masih agak membingungkan sih, ada yang bilang bahwa tiket kita harus issued atau boleh juga hanya dalam bentuk booking sementara (bisa minta ke travel agent). Tapi berhubung kemarin saya dapat tiket promo penerbangan yang memang sudah dibeli maka saya mencantumkan print tiket asli yang sudah issued. Tiket yang saya cantumkan adalah tiket pergi dan tiket pulang untuk meyakinkan kembali bahwa saya memang hanya ingin berlibur ke negara UK. Nah tapi ternyata menurut teman saya pembuatan visa itu sebenarnya memang tidak memerlukan tiket yang sudah dibeli, melainkan hanya bentuk rencana perjalanan saja karena memang seyogyanya ijin masuk negara dulu harus didapat baru kita merencanakan dengan pasti liburan yang akan kita lakukan.
10. Bookingan Hotel. Sama dengan tiket pesawat bookingan hotel pun ada yang menyarankan yang sudah issued atau hanya bentuk bookingan sementara, yang jelas rencana booking hotel harus sesuai dengan tanggal kita mengunjungi negara UK. Kebetulan kemarin saya tidak mencantumkan bookingan hotel karena memang saya akan menginap di tempat teman saya. Oleh karena itu yang saya cantumkan adalah invitation letter dari teman saya yang isinya menyatakan bahwa teman saya mengundang saya untuk menginap di tempat tinggalnya selama saya berlibur disana. Sebagai pelengkap saya menyertakan beberapa dokumen milik teman saya seperti scan paspor, scan residence permit, dan foto bersama teman saya tersebut untuk memastikan bahwa saya dan teman saya tersebut memang kenal dengan baik *hahaha bahasanya agak gimana ya*. Untuk pencantuman foto ini optional sebenarnya, tetapi ketika saya googling ada beberapa orang yang menyarankan demikian, dan kebetulan juga saya sudah kenal dengan sahabat saya ini sejak sma sehingga saya memang memiliki beberapa foto bersama sahabat saya tersebut yang bisa saya cantumkan sebagai dokumen pendukung. Yang bingung bagaimana format invitation letter ini bisa secara mudah kita dapatkan dengan cara googling pemirsa :)
11. Copy SIUP dalam bahasa inggris (jika memiliki usaha pribadi). Persyaratan dokumen ini berlaku untuk wiraswasta atau seseorang yang bekerja di perusahaan start up seperti saya ini. copy SIUP digunakan untuk memastikan bahwa kita memiliki pekerjaan di perusahaan yang real bukan fiktif. Pihak kedutaan memerlukan dokumen ini untuk memastikan bahwa kita tidak akan menjadi pekerja ilegal di negara tersebut, karena ternyata ada beberapa pihak yang terkadang menyalahgunakan fungsi visa short stay untuk mencoba mencari perkerjaan di negara orang. Terkecuali jika kita bekerja di perusahaan besar, BUMN ataupun PNS maka copy SIUP ini tidak diperlukan.
12. Register akun dan mengisi form pengajuan visa UK secara online di website VFS Global untuk visa UK, yaitu : https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome , form yang sudah diisi harus diprint, ditandatangani dan dibawa beserta persyaratan dokumen lainnya pada saat jadwal finger print ke kantor VFS Global yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk biaya pembuatan visa UK sebesar $136 yang dibayar secara online pada website tersebut menggunakan Credit CardLama pemrosesan visa yang normal biasanya antara 5 - 10 hari kerja.
---
Note :  
- Untuk anak-anak umur berapapun harus datang saat finger print karena harus melakukan pengambilan foto langsung di VFS.
- Untuk jadwal kedatangan ke kantor VFS sebaiknya sangat tepat waktu atau spare waktu sekitar 30 menit sebelum jadwal appointment karena jika kita terlambat lebih dari 10 menit maka kita tidak akan dilayani dan harus mengajukan permohonan baru yang artinya uang yang sudah kita bayarkan sebelumnya akan hangus.
---
Visa UK yang saya ajukan sudah selesai hanya dalam waktu 3 hari sajaaaa loh! kok bisa ya??? hehehe karena saya menggunakan layanan prioritas yang disediakan VFS dengan menambah biaya pengajuan visa secara tunai (harus secara tunai) di kantor VFS pada saat pengajuan dokumen. Untuk layanan prioritas ini bisa ditanyakan ke pihak information center di kantor VFS sebelum kita masuk ke ruangan pengajuan berkas. Jangan coba - coba kita bertanya kepada pihak karyawan VFS di ruang pengajuan berkas karena niscaya kita akan gondok sendiri :p karena mereka tidak akan memberikan jawaban apapun yang ternyata memang sudah peraturannya tidak diperbolehkan memberikan saran atau jawaban apapun perihal pengajuan visa di ruang pengajuan berkas. noted ya! 
Dan ini diaaaa penampakan visa UK yang sudah tertempel di paspor saya, Alhamdulillah London I'm Coming!! *padahal udah pulang lagi ke indonesia, hehe*
visa UK

Semoga bisa sedikit memberikan pencerahan bagi yang akan mengajukan visa UK yaa, jika ada yang ingin ditanyakan bisa via comment dibawah atau email ke inggabia@gmail.com. InshaAllah akan dijawab berdasarkan pengalaman saya dan sepengetahuan saya :)



You Might Also Like

75 komentar

  1. Waah. kamu urus sendiri langsung visanya? aku kmrn mah pake jasa pengurusan gitu. haha. Jadi kamu ke UK berangkat sendiri dan disana ketemu temen? canggih iihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak fika :D
      kemarin flight sendiri dan ketemu temen disana, aku senengnya ngebolang dan explore sendiri gitu tp kemarin seringnya sih ditemenin sama temenku juga pas jalan-jalan, hehe. Tapi alhamdulillah jadi banyak nambah temen baru juga disana loh :)
      yuk ihb jalan2 bareng *ngarep.com*

      Delete
    2. Ada rencananya mau ke UK nih, nanti pas mau urus visa tanya2 boleh yaa + itinerary nya. Btw, kalo mau ngebolang ikutan yaa..

      Delete
    3. langsung ke email aja ya :) inggabia@gmail.com

      Delete
    4. Mau tanya mbak saya ada panggilan kerja ke UK buat di offshore dan disuruh buat UK visa dan perusahaan sudah mengirim LG saya,apakah saya dapat melakukan pengurusan sendiri. Atau klu mbak tau dimana saya bisa meminta bantuan. Klu ada tolong beri alamaty

      Delete
  2. Wah inggaaa kereeen, ngebackpack sendiri..

    Kapan2 ajak2 dong kalo mau ngebolaaang ehhehehehe..
    Turki mau tuuhh, tapi jangan tahun ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo banget diana :)
      haha iyaa kita nabung dulu yaa.. nanti klo aku mau backpack lagi dikabarin deh ya :)

      Delete
  3. Saya juga waktu membuat visa UK di luar memakai agen, tapi namanya visa4UK. Pengalaman saya ada disini:
    Membuat Visa UK saat tidak di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice info :)
      thx for sharing yaa.. salam kenal

      Delete
  4. Persis kayak pengalamanku pas bikin visa UK. 3 hari jadi, dan pas dapet notif kalau visa nya diapprove..bahagianyaaaaa dunia akhirat. Tapi qadarullah ga jadi berangkat huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, senengnya dapet visa itu luar biasa yaa kak put, hehe ;D semoga nanti bisaaa kesana ya kak put sekalian sama debaynya klo udah gede, aamiin...

      Delete
    2. Dear ibu Anggia

      Jarak waktu apply visa london dng keberangkatan apakah bisa 4 bln seblm keberangkatan? Krn tgl 21 april saya harus ke jepang sd awal mei (pasti butuh passport)sedangkan tgl 17 juni nya saya rencana ke london dan eropa yg hrs urus 2 visa sekaligus.rencana saya adalah apply visa london lebih awal dan setelah pulang dari jepang baru visa schengen..tapi apakah boleh apply visa london lebih awal atau 3.5 bulan sebelum tgl keberangkatan?

      Trims
      Budi

      Delete
    3. masa berlaku visa short stay 6 bulan, jika lama stay di London tidak lebih dari sisanya yaitu 2 bulan saya rasa tidak masalah apply visa jauh2 hari :)

      Delete
  5. Paspor km Manila... Ato km blesteran ini..??

    ReplyDelete
  6. Maaf mba numpang tanya. Ini pake agen ga yah? Kalo iyah,boleh minta kontak agen nya?
    Trimakasih sbelumnya.. xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicoba menghubungi dwidaya tour mba untuk pengajuan visa,karena mereka menerima pembuatan visa saja tidak disertai dengan tiket. tapi saya sarankan lebih baik mengajukan secara pribadi :)

      Delete
  7. Hi salam kenal,

    Senangnya visa granted ya, hehee... saya rencana ke UK bulan Desember ini, apply visa ada info 3 bulan sampai 48 jam sebelum waktu travelling. Boleh tau kemarin apply berapa lama sebelum travelling? kalau semuanya ditanggung sponsor yang tinggal di UK apa tetep harus menyertakan rekening koran ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga,
      supaya aman saya sarankan 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan, karena proses normal pembuatan visa UK antara 1 - 2 minggu. kemarin saya apply 3 minggu sebelum keberangkatan.

      untuk rekening koran itu harus disertakan mba untuk meyakinkan pihak kedutaan, bisa minta tolong saja dikirim via fax atau mungkin discan via email. semoga membantu ya :)

      Delete
  8. Mba Ingga , dimana ada informasi persyaratan dokumen yg mesti di bw pd saat ke kantor VFS?Sy chk di web VFS Global itu ngga nemu,mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicek langsung disitusnya mba https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome
      buat akun saja terlebih ahulu, nanti ada panduan form pengisian dan dokumen yang harus dilengkapi :)

      untuk informasi proses pembuatan visa bisa dicek disini juga :
      https://www.gov.uk/government/publications/apply-for-a-uk-visa-in-indonesia/mengajukan-permohonan-visa-inggris-di-indonesia-proses-permohonan#waktu-pemrosesan-visa

      semoga membantu :)

      Delete
    2. Terimakasih infonya Mba Ingga :)

      Delete
  9. haloo, wah salut ngurus sendiri visanya. kalau boleh tau kena berapa ya pake yang priority itu? hehe thank you

    ReplyDelete
  10. Wah, jauh bener tujuannya sampai ke UK

    ReplyDelete
  11. hi ingga, kl budget buat liburan selama seminggu di london kira" abis berapa ya?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk budget tergantung, detailnya bisa tanya via email saja ya :)

      Delete
  12. hi.. saya mau tanya donk. untuk prosedur untuk pembuatan visa dengan layanan prioritas yang disediakan VFS. apakah harus langsung datang ke kantor vfs (kuningan city)? atau kita daftar online dulu, kalo online berarti kita membayar dulu?. bisa di jelaskan detail mba.. hehehe. kalo dengan layanan prioritas, nambah brp duit?.
    duh, ribet bgt ya.. ngurus ini itu nya.. gag semudah ke asia.. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk visa yang prioritas ataupun reguler tetap harus datang ke kantor VFS di kuncit untuk interview dan sidik jari tapi sebelumnya harus mendaftar secara online terlebih dahulu dan membuat appointment.

      untuk pembayaran visa reguler semua dilakukan secara online, jika ingin menggunakan prioritas ketika jadwal appointment bisa dikoordinasikan dengan petugas disana untuk biayanya..

      Delete
  13. Hi Ingga, salam kenal. Kebetulan saya juga baru pulang liburan dari London dan untuk pengurusan Visa sama persis seperti yang ditulis Ingga disini. Ijin link post di blogku yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga... dengan senang hati mba shinta :)

      Delete
  14. Hi mba Ingga,
    Untuk sworn translator bisa kasih recomend pakai siapa? :)
    Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku posisinya di bandung mba, kemarin pakai ini http://www.triadenglishcentre.com/ ada no kontaknya disana :)

      Delete
  15. Hi, akuvmau tanya dooong. Untuk VP Dari appointment di vfs sampai dapet notifikasi bahwa visa sudah jadi itu brp lama yaaa? Soalnya aku appointmennt tgl 15 kmren berharap segera jadiii siiih 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba erin :)
      jika pembuatan visa reguler antara 5 - 10 hari kerja, tapi jika memakai layanan prioritas biasanya 3 hari kerja setelah tanggal appointment.

      Delete
  16. Assalamu'alaykum.
    Hallo mba.. Makasih bnyk ud share ttg pembuatan visa UK nya. Bermanfaat bgt.
    Oya mba ingga, ada rekomen utk sworn translator di jakarta ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf untuk sworn translator jakarta saya kurang tau :)

      Delete
  17. Hai Ingga. Aku barusan coba isi formulir online, lalu di tahap akhir -bagian pembayaran- ada pilihan bayar $136 proses reguler atau $308 priority service. Apakah artinya kalo priority skrg ga harus tunai di VFS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena banyak yang pakai priority jadi disediakan layanan onlinenya mba :)
      tarifnya mirip ko dengan pembayaran tunai pas saya mengajukan kemarin

      Delete
  18. halo, mau tanya, kalau untuk mengurus visa UK harus ada asuransi juga ga mbak?
    atau hanya syarat2 yang mbak cantumkan di blog ini saja sudah cukup.
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya kemarin tidak pakai asuransi, tapi kalau ada asuransi lebih bain disertakan saja :)

      Delete
  19. Halo Mbak! Mau tanya juga ni :) sblm apply visa UK dgn layanan priority ini, mbak uda pernah ke Eropa?
    Saya punya temen, belom pernah ke eropa, pingin ke UK untuk tahun baruan ini, jd ingin pake layanan priority, tp dgr2 dr beberapa travel agent mereka ga menyarankan jika tdk ada riwayat visa shengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, saya sebelumnya belum pernah ke eropa jadi visa UK ini visa pertama saya ke eropa :)
      sebelumnya hanya ada visa negara2 asia saja

      Delete
  20. hi Ingga, saya mau tanya kemarin saat buat referensi bank yang tercantum pada refernesibank tersebut di tujukan kemana ya? alamat VFS Global kuningan city mall ? atau alamat UK embassy yang di Manila?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tujukan ke UK embassy yang di jakarta

      Delete
    2. What is the total amount in GBP? (bahasa indo: Berapa biaya total perjalanan Anda, termasuk uang yang diberikan orang lain kepada Anda, dalam GBP)
      apakah maksudnya ini jumlah estimasi total dana yang dihabiskan di UK? atau Total Uang yang kita miliki saat ini?

      Delete
    3. kemarin saya memasukan total dana yang saya miliki di tabungan

      Delete
  21. Hi mbak. Untuk document2 visa UK hrs pake sworn translator ya? Untuk Schengen sy apply lwt kedutaan Belanda, tidak harus pake sworn translator, yg penting ditranslate ke English. Mohon share. Tks banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk UK harus menggunakan sworn translator mba :)

      Delete
  22. Hai Ingga, salam kenal.

    Mau tanya, jarak waktu bikin perjanjian online dengan waktu datang ke kantornya (penyerahan dokumen, pengambilan biometrik,dll) jaraknya berapa hari?

    Thanks in advance

    ReplyDelete
  23. Hai Ingga, salam kenal.

    Mau tanya, jarak waktu bikin perjanjian online dengan waktu datang ke kantornya (penyerahan dokumen, pengambilan biometrik,dll) jaraknya berapa hari?

    Thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu appointment nya tergantung kita mba, biasanya sih saya gak lebih dari seminggu asal persyaratan dokumennya sudah siap...

      Delete
  24. Salam kenal mba Ingga,

    Boleh tanya2?
    Saya punya kasus yg sama dgn mba. Mau main ke UK krn ada teman yg mengajak yg sedang kuliah disana.

    Saat mengajukan online apakah mba menyebutkan punya teman di UK?
    Saat wawancara apakah ditanyakan juga ada teman di UK?

    Thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika kita menginap di tempat mereka, perlu dilampirkan aja invitation letter yang menggantikan tanda booking hotel mba.
      waktu saya sih hal tersebut tidak ditanyakan ketika wawancara, ketika appointment hanya memberikan berkas dokumen, foto dan sidik jari...

      Delete
  25. Wah seru banget deh. Btw, kapan nih mau bolang ke turki kak. Saya ada niat, tapi eksekusi kurang. Kalau ke turki bilang2 ya kak. Regard from surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun ini sih belum ada rencana kesana, nanti mudah2an ya bisa ke turki bareng

      Delete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. Salam kenal mba Ingga
    Minggu lalu sy apply visa schengen dan alhamdulillaah di-approve hari ini. Abis ini mau apply visa UK. Mau tanya boleh ya? Waktu itu ngisi formnya online apa gmn? Krn kmrn wkt apply schengen sy pake cara diprint dl, diisi dan diserahkan ketika janji temu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. isi formnya online mba kalau pengajuan secara pribadi :)

      Delete
  28. Hai Ingga, salam kenal.
    Mau tanya ya. Dgn priority service, Total dr mulai appoinment smp dgn paspor bs diambil brp hari ya?
    Thanks,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal juga,
      totalnya dari jadwal appointment itu 3 hari kerja mba

      Delete
  29. Sorry ya mbak, nanya lagi.
    Jadi misal tgl 1 (hari kerja) jadwal appointment, tgl 2 & tgl 3 jg hari kerja, paspor ready diambil di VFS Jakarta tgl 4 ya mbak?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggal 4 biasanya baru diinfo di sms atau di email kalau proses sudah selesai dan dokumen bisa diambil lagi :)

      Delete
  30. Oh gitu mbak. Setelah diemail or smsc bisa langsung diambil di VFS Jakarta or mesti nunggu email/ sms dr VFS Jakarta lg mbak? Saya pgn ngitung total brp hr dr mulai appointment smp dgn paspor ready untuk diambil.
    Sorry ya mbak, kalau banyak nanya.
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup setelah sms atau email, dokumen bisa langsung diambil

      Delete
  31. selamat sore ka Ingga, saya Dimas, salam kenal
    saya mau tanya. rencana saya akan ke uk akhir bulan ini,jadwal dan bokingan penerbangan sudah ada, tapi berhubung ada beberapa persyaratan yang belum lengkap, saya tidak bisa mengajukan permohonan visa dari jauh jauh hari. bisa ngga sih visa di urus H-seminggu sebelum keberangkatan? rencana saya akan mengajukan priority service, kira kira gimana peluang diapprove nya ? apakah semakin mepet dgn hari keberangkatan semakin besar kemungkinan ditolak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk layanan prioritas biasanya 3 hari kerja, asalkan dokumennya lengkap biasanya di approved ko visanya :)

      Delete
  32. Halo mba salam kenal. Saya baru rencana mo ke UK agustus nnti. Kebetulan dpt tiket promo, boleh nnya2 kah untuk proses visa nya ntr gmn?
    Br pengalaman ngurus schengen doank soalnya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, jika ada yang ditanyakan bisa langsung email ke inggabia@gmail aja mba

      Delete
  33. Hay mba ingga lam.kenal maaf boleh tanya biaya visa uk total habis brapa yaa

    ReplyDelete
  34. mba mau tanya dong, kalo buat visa uk jangka waktu nya berapa lama ya yang memakai jalur biasa? lalu jangka waktu nya dari daftar atau dari interview? terimakasih

    ReplyDelete
  35. Hi mba. saya mau tanya mba. pd saat ke vfs global. apakah harus bawa original KK, KTP, sama Akte Lahir kah mba?

    ReplyDelete
  36. Mbak Ingga, saya bu Sri Salam kenal juga... Mbak persyaratan itu passport yg lama harus disertakan ya... Sy sdh cari passport lama saya gk ketemu. Sy rencana berangkat ke UK bln October diajak teman berjalan dirumah putranya

    ReplyDelete
  37. Assalamualaykum, saya mau tanya nih mba ingga, saya rencana ke UK disponsori teman saya yang bekerja disana, tapi sayangnya saya tidak punya foto bersama :( apakah permohonan saya akan dikabulkan? Mohon reply nya terimakasih

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images