Sharing Tips Blogging Bersama Muslimarket.com dan IHB

2:03:00 PM

Assalamualaikum...

Beberapa hari yang lalu tepatnya hari Sabtu tanggal 27 Februari 2016, Saya berkesempatan untuk mengikuti event yang diadakan oleh muslimarket.com. Yaitu sharing tentang tips untuk para blogger pemula dengan tema "Seni Blogging Untuk Mengatasi Kantong Kering". Dari judulnya sih cukup menarik ya... karena saat ini ternyata blogging bisa dijadikan sebuah profesi yang menghasilkan loh! walaupun memang masih banyak pro dan kontra tentang konsep " moneytize blog " ini.

Narasumber yang hadir adalah kak Fifi Alvianto dan kak Suci Utami, mereka berdua adalah blogger yang sudah cukup lama bergelut di dunia perbloggingan ini *halah ribet amat bahasanya ya* hehe. Yang jelas kedua narasumber tersebut sudah pasti memiliki blog yang aktif dengan jumlah readers yang cukup banyak. Sebagai salah satu pembaca setianya, saya tidak mau ketinggalan untuk mendapatkan tips dari kedua blogger favorit saya ini dan Alhamdulillah saya dapat kesempatan juga dari Indonesian Hijab Blogger untuk menghadiri acara tersebut.

source : IG @muslimarketid
Acara yang bertempat di SMESCO Tower ini diikuti cukup banyak blogger pemula seperti saya. Selama acara, kedua narasumber berbagi cerita tentang awal mula mereka memiliki blog sampai pada akhirnya blog mereka terkenal dan menghasilkan. Saya cukup salut sih dengan kekonsistenan mereka meluangkan waktu untuk posting blog padahal mereka berdua notabene seorang ibu rumah tangga dengan masing - masing dua orang anak :)

Saran dari kak Fifi untuk para blogger pemula adalah kita harus rajin posting dulu, karena hal tersebut yang akan membuat kita terbiasa dengan menulis, setelah terbiasa lama - lama kualitas tulisan kita pun akan semakin membaik tentunya. Setuju banget dengan yang satu ini, karena membangun mood menulis itu memang terkadang tidak mudah, apalagi jika kita terlalu ingin membuat tulisan yang sempurna. Biasanya ujung - ujungnya tulis - hapus lagi - tulis lagi - hapus lagi, yang pada akhirnya batal posting gara - gara keburu mandeg dan mood menulisnya hilang, hihihi. Coba siapa yang sering kaya gitu ? *langsung angkat tangan*. Dan memang akhir - akhir ini saya lebih santai ketika ingin menulis di blog,  bahan postingan pun masih random tergantung apa yang saya mau saja. Walaupun memang terlihat belum jelas konsep blog saya, tapi minimal itu yang akan membuat saya berusaha untuk rajin menulis terlebih dahulu. doakan istiqomah ya!

Selain itu untuk template blog disarankan untuk mengikuti trend saat ini, yaitu dengan konsep clean atau bersih, biasanya didominasi dengan warna putih agar postingan mudah dibaca dan tidak membuat mata cepat lelah ketika membacanya. Dan ternyata kualitas foto untuk blog pun tidak dituntut harus pakai kamera bagus nan mahal kok, asal kita bisa belajar mengambil angle yang bagus pakai kamera apa saja bisa. Kedua narasumber kita pun jujur tentang hal ini bahwa pada awalnya mereka belajar secara otodidak dengan mencari tutorial di internet untuk belajar mengambil angle dan edit foto yang bagus. Memang sih saat ini mereka sudah punya kamera yang bagus, tapi ternyata itu merupakan salah satu hasil dari blogging juga. Penghasilan yang berasal dari blog, mereka gunakan untuk mempercantik lagi tampilan blog mereka agar para pembaca lebih nyaman ketika membaca.

Nah untuk konsep " moneytize blog " ini, kedua blogger ini pada awalnya memang tidak ada niat untuk menjadikan blog mereka sebagai ladang profesi, hanya saja memang dengan perkembangan dunia online saat ini membuat para blogger menjadi salah satu target untuk kegiatan branding dan marketing terutama sebagai buzzer untuk suatu produk baru maupun event tertentu. Ini dikarenakan blogging pada dasarnya adalah kegiatan berbagi informasi yang bersifat tulus dari pihak penulis untuk para pembaca blognya sehingga tulisan akan mudah diterima oleh pembaca. Oleh karena itu salah satu pesan yang disampaikan narasumber adalah, walaupun kedepannya blog kita bekerja sama dengan agensi untuk melakukan kegiatan marketing, tetap harus mengedepankan konsep tulus dan terpercaya. Jangan hanya karena blog-post tersebut berbayar maka kita memanipulasi isi dari blog post kita hanya untuk kepentingan salah satu pihak. Kita harus meluruskan niat kita yaitu untuk berbagi, agar tulisan kita tetap bersumber dari fakta dan bukan rekayasa :)

foto bareng kak Fifi dan IHB
selfie is a must!
Kurang lebih hal - hal diatas yang saya tangkap dari acara sharing bersama muslimarket.com dan indonesian hijab blogger kemarin. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan untuk teman - teman yang ingin mulai menulis blog. yuk mulai menulis dan berbagi informasi yang bermanfaat dari sekarang!

my outfit
senada padahal ga janjian :p
Terimakasih muslimarket.com dan IHB!
sampai ketemu lagi di event seru selanjutnya yaa bareng kamera - kamera handphone ketjenya, hehe :)




You Might Also Like

4 komentar

  1. Acaranya luar biasa. Apalagi ilmunya. Kapan diadain di Malang ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba alhamdulillah :)
      untuk kegiatan seperti ini memang masih sering di jakarta ya, saya pun sebenarnya tinggal di bandung tapi terkadang mobile jakarta - bandung jadi masih sempat hadir jika ada acara di jakarta :)

      Delete
  2. Keep posting ingga :)
    Ka vina juga baru iseng2 ngeblog. Sayang ktinggalan event nya hehe

    ReplyDelete
  3. Hayuk ke IFW inggaaa biar meetup lagi. Nice to meet you neng geulisss..:*

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images