[ Review ] Surat Dari Praha

3:07:00 PM

Assalamualaikum...

Kali ini saya ingin sedikit mereview film indonesia yang baru saja saya tonton, yaitu "Surat Dari Praha". Pertama kali melihat trailer-nya membuat saya sedikit penasaran karena film ini merupakan film yang menggabungkan tema romansa, politik dan sejarah. Apalagi ketika tau bahwa film ini adalah projek garapan Glenn Fredly dan Angga Dwi Sasongko dimana sebagian besar soundtrack dari film ini adalah lagu - lagunya, membuat saya langsung tertarik untuk menonton. Karena jujur, saya selalu suka dengan lagu - lagu karya Glenn Fredly :) 

Yang awalnya terbayang  dari film ini sih  kisah romansa monoton seperti pada umumnya dimana ada dua sejoli yang saling mencintai dan berakhir dengan cerita bahagia yang tentunya bakalan bikin baper ketika film ini selesai, hahaha...Tapi ternyata saya salah!

surat dari praha
Film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Laras ( Julie Estelle ) yang diberi wasiat oleh mendiang ibunya, Sulastri ( Widyawati ) untuk menyampaikan sebuah kotak kepada seorang pria paruh baya bernama Jaya ( Tyo Pakusadewo ), yang belum pernah dikenalnya di kota Praha. Sesampainya di Praha, Laras menerima penolakan dari Jaya dengan alasan yang tidak jelas. Hal tersebut membuat Laras kecewa, sampai pada akhirnya Laras mengetahui bahwa Jaya adalah orang yang sangat dicintai ibunya dari surat - surat kiriman Jaya kepada ibunya yang ada di dalam kotak tersebut. Laras pun menganggap Jaya adalah sebagai penyebab ketidakharmonisan keluarganya selama ini. 

Namun karena beberapa kejadian yang tidak terduga akhirnya perlahan Laras dapat lebih mengenal siapa sosok Jaya sebenarnya dan Jaya pun sedikit demi sedikit terpaksa menceritakan kenangan pahit masa lalunya yang dianggap sebagai tahanan politik karena menentang paham orde baru. Hal ini juga yang menyebabkan Jaya diasingkan dan akhirnya meninggalkan Sulastri. Selama beberapa hari akhirnya Laras menghabiskan waktunya di Praha bersama Jaya, Laras pun mendapat pengalaman bertemu dengan para tahanan politik di Praha dengan segudang cerita tentang kondisi politik pada saat itu sehingga mereka akhirnya terdampar di Praha dan tidak bisa pulang ke tanah air yang mereka cintai. Di akhir cerita Jaya pun akhirnya bisa berdamai dengan cerita cinta masa lalunya dan Laras dapat menemukan kembali arti cinta sejati yang selama ini tidak ia percayai.


Dari sisi pengambilan gambar, film ini memiliki latar kota Praha yang sangat cantik sehingga sangat mendukung kesan romantis yang ingin ditonjolkan. Selain itu film ini didukung dengan beberapa scene musikal yang diiringi lagu - lagu garapan Glenn Fredly yang seakan meniupkan ruh ke dalam film sehingga akan membuat penonton larut dalam kisah cinta antara Jaya dan Sulastri. Overall saya suka menonton film ini karena menceritakan kisah romansa dari sudut pandang yang berbeda.. recommended movie!

Berikut lirik yang saya suka dari soundtrack film ini yang berjudul Sabda Rindu :

" ku rindu, lebih baik katakan apa adanya... bila memang rindu,
ku rindu karena waktu takkan mampu berpihak pada perasaan yang meragu... "



 



You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah nice review mba ! :D
    makasih sharing nya..
    Ngga nyangka ceritanya keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba :)
      iya diluar prediksi aku juga nii ceritanya, hihi

      Delete
  2. Sepertinya baguuuus, beberapa review juga bilang film ini bercerita soal kisah cinta tapi dari sudut pandang yang berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lisna, klo menurutku sih baguus dan bikin meleleh pas denger lagu2nya glenn :P hehe

      Delete
  3. Aku nonton film ini hari selasa lalu gara2 liat trailernya sewaktu mau nonton the big short. Trailernya udah memainkan emosi penonton banget. Tapi jalan ceritanya benar2 tak terduga. Aku sih jadi baper karena aku juga pegawai tugas belajar kaya Pak Jaya, smg ga ada begituan lagi di masa yg akan datang ya. Serem euy jd korban politik :(

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images