Bola - Bola Mac & Cheese

3:32:00 PM

Assalamualaikum...

Hari Minggu itu biasanya saya suka sedikit bereksperimen di dapur *kalau lagi rajin sih* hehe. Nah kali ini saya mencoba membuat Mac & Cheese dengan resep ala kadarnya dengan bahan yang mudah didapat dan sedikit dimodifikasi yaitu dibentuk bola - bola. Menu ini cocok untuk para cheese lovers, yuk diintip resepnya!

Bahan Mac & Cheese  ( untuk 8 pcs ) :
- 100 gr macaroni direbus hingga aldente
- 50 gr kornet sapi
- 100 ml susu cair
- 1/2 siung bawang bombay, dicincang
- 35 gr keju cheddar ( 1pcs kraft sachet, diparut )
- keju quick melt dipotong kotak untuk isian
- garam & merica bubuk secukupnya
- pala bubuk secukupnya
- 1/2 sdt tepung maizena, dilarutkan

Bahan untuk membuat bulatan :
- 1 butir telur
- tepung terigu secukupnya
- tepung roti secukupnya

Cara Membuat :
  1. Panaskan mentega, tumis bawang bombay yang sudah dicincang hingga harum.
  2. Masukan kornet, tumis hingga kornet matang.
  3. Masukan makaroni yang sudah direbus.
  4. Masukan susu cair dan keju cheddar yang sudah diparut, aduk merata.
  5. Masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan, aduk merata hingga lengket.
  6. Tambahkan merica bubuk dan pala bubuk, koreksi rasa jika dirasa kurang asin tambahkan garam.
  7. Dinginkan adonan ( bisa dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu ).
  8. Setelah adonan dingin, bentuk bulatan dengan isian keju quick melt ditengah ( ketika membentuk bulatan sebaiknya tangan diberi tepung terigu dahulu agar tidak terlalu lengket ).
  9. Celupkan adonan yang sudah dibulatkan kedalam telur, lalu ke dalam tepung terigu, celupkan kedalam telur lagi, dan terakhir ke dalam tepung roti.
  10. Setelah itu goreng dalam api kecil hingga kecoklatan.
  11. Sajikan hangat - hangat agar keju quick melt meleleh ketika dimakan, yummy...
bola - bola mac & cheese
Resep diatas adalah resep mac & cheese sederhana, jika ingin ditambahkan jenis keju yang lain sepertinya akan lebih enak lagi dan untuk banyaknya keju juga bisa disesuaikan dengan selera ya. Selain itu kornet juga bisa diganti dengan daging cincang asli atau dengan daging asap yang sudah diiris - iris terlebih dahulu. Selamat mencoba dan  bereksperimen sesuai dengan selera masing - masing! :)

You Might Also Like

28 komentar

  1. Replies
    1. ayoo dicoba pi =9
      kapan kita cooking class bareng?? hehe

      Delete
  2. Enak nih, anak-anak pasti seneng....nyoba bikin ah, buat bekal anak-anak

    ReplyDelete
  3. Kalo resep gampang gini aku lgs semangat pgn bikiin ^o^.. Apalagi berbau2 keju... Bisa abis sendiri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas bgt untuk cheese lovers ya mba, hehe.. selamat mencoba ya ;)

      Delete
  4. Kalo resep gampang gini aku lgs semangat pgn bikiin ^o^.. Apalagi berbau2 keju... Bisa abis sendiri :p

    ReplyDelete
  5. Pokoknyaaaa...
    Aku mah minta dikirim ke rumah aja 2 dus yah Inggaaaa hehehe...
    *semacam ngelunjak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, asal berbalas stok drama korea yang melimpah yaa teh :p

      Delete
  6. enak banget rupa-rupanyaaaa :")
    salah banget aku mbak buka ini malem-malem, langsung ngiler *lupa diet* :"D


    emaputeri.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini beneran simple tapi enak loh mba :)
      dietnya skip sehari gpp mba buat nyobain, hehehe

      Delete
  7. Cleguuuk cheesenya lumer gitu yaaak. Pengen nyobain bikin deh Thanks mbaa resepnyaa

    ReplyDelete
  8. Kelihatan mudah, cobain ah. Buat variasi camilan untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  9. Aaaw look so delicious, liat kejunya melt kemana-mana :D
    jadi mau masak deh kalau liat ginia, dan kayanya gampang dicoba :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejunya lumer di mulut mba,hihi ayo dicoba buat ya mba :)

      Delete
  10. Ing..gampang ya resepnya, kapan2 aku cobain trus aku reblog ya ing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp dep, monggo kalau mau direpost :)
      blog kamu apa ?

      Delete
    2. devitashiyamawati.com ing, masi cupu nih ing hihihi

      Delete
  11. kayaknya enak... apalagi pas anget-anget gitu... hmmm...

    ReplyDelete
  12. Keliatannya mudah dan enak hihi makasih mbak, jd ada ide untuk masak hari Minggu :D

    ReplyDelete
  13. Hay inggaaa.. Inget ga aku diana yang dulu ketemu di premier BTDLA IHB.. Hihi..
    Baru ninggalin jejaak nii..

    Waah.. nampaknya enaaak dan gampaang yaaa.. Bisa dicoba kapan2 hehe..

    Diana
    onlybona.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Dianaa... inget dong :)
      iya ini bikinnya gampang dan enaaak klo menurutku *yaiyalah yang bikinnya* hehe, Selamat mencoba ya :)

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images