Pilih IT atau bisnis ?

6:47:00 PM


Assalamualaikum Wr Wb...

Jika ditanya apa profesi saya saat ini, terkadang saya masih suka bingung loh jawabnya :)
Profesi yang saya jalani saat ini ada dua, yaitu sebagai IT system analist di sebuah perusahaan IT swasta di Bandung dan sebagai entrepeneur di bidang fashion untuk anak - anak.

Baiklah saya cerita dulu yaa bagaimana saya bisa tercebur ke dunia per-IT-an ini, hehehe.. Pada saat kelulusan SMA jujur sama sekali tidak terbersit sebelumnya mau kuliah di jurusan IT. Hanya dari beberapa jurusan yang membuat saya tertarik adalah salah satunya teknik informatika, karena tidak ada mata pelajaran kimia dan biologi yang paling saya tidak suka *hehehe. Tapi setelah terjun ke dunia perteknologi informasian di perkuliahan, ternyataaaaa sangat sulit pemirsa x) beradu logika dengan mayoritas mahasiswa laki - laki membuat saya kadang merasa ciut sendiri sampai akhirnya saya bisa menyelesaikan kuliah dan skripsi yang molor 1 semester karena dicampur dengan galau pada saat pengerjaan skripsi *edisi curhat x). Cerita belum berakhir sampai disini, setelah lulus sering bergumam dalam hati "kalau bisa memilih, saya gak mau kerja di perusahaan IT ya Allah" tapi takdir berkata lain memang rejekinya ditempatkan di perusahaan IT walaupun memang bukan sebagai programmer melainkan sebagai seorang system analist, Alhamdulillah masih dibukakan pintu rejeki oleh Allah walaupun memang masih berkecimpung dalam dunia IT yang tadinya paling saya hindari setelah lulus kuliah :)

Memang Allah yang maha merencanakan yaa... perusahaan tempat saya bekerja adalah perusahaan start up IT yang bergerak di bidang e-commerce atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan online shop. Sebagai system analist saya sering bertemu beberapa calon klien yang rata - rata memiliki usaha sendiri di bidang fashion. Tanpa sadar, saya sedikit demi sedikit belajar bagaimana mereka merintis usaha dari mulai usaha kecil hingga saat ini yang tidak jarang sudah memiliki karyawan sebanyak puluhan bahkan ratusan, Masya Allah.. dari sinilah mulai terbersit keinginan saya untuk memiliki usaha sendiri.

Cerita punya cerita, saya memang orang yang cukup mengikuti perkembangan dunia fashion di indonesia terutama label fashion muslim. Dari mulai kegiatan talk show dan beberapa bazar pakaian muslim yang hits pada saat itu sering saya sempatkan untuk datang sekedar cuci mata atau shopping jika memang ada yang sreg di hati *naluri wanita namanya juga ya x)* hehe. dan suatu saat ketika saya sedang mengikuti sebuah talkshow tentang pengusaha, saya sering mengutarakan keinginan saya di dalam hati tanpa pernah diucapkan, bahwa suatu saat nanti saya ingin membuat usaha sendiri dan bisa mengisnpirasi banyak orang dari usaha yang saya bangun seperti narasumber dihadapan saya itu, aamiin. Dan mulai saat itu pun saya sudah mulai mencoba berjualan jilbab shawl dan bros buatan saya sendiri dan adik saya dengan label "inggabia". alhamdulillah lumayan laris walaupun akhirnya terhenti karena saya harus konsentrasi menyelesaikan skripsi saya yang tak kunjung selesai :D

produk jualan perdana jilbab shawl & handmade brooch buatan sendiri

Selang 6 bulan dari saya bekerja, niat memiliki usaha sendiri semakin kuat dan akhirnya memberanikan diri cerita ke orang tua bahwa saya punya niatan untuk membuat label fashion sendiri. Orang tua awalnya terlihat agak bingung sih "kok dari IT larinya ke fashion?" hehehe tapi yang namanya orang tua selalu mendukung anak - anaknya yaa asalkan memang niatan saya ini dijalankan dengan serius. Dengan ridha orang tua saya mulai serius mengerjakan step by step yang harus disiapkan untuk mulai merintis usaha  saya ini, mulai dari pemilihan produk fashion apa yang akan saya jual hingga mencari bahan sendiri dan penjahit yang akan membantu saya dalam proses pembuatan baju. Pokonya semua persiapan saya kerjakan sendiri dan karena minimnya modal sampai hangtag baju pun saya print sendiri dengan printer seadanya di rumah :) Alhamdulillah akhirnya usaha saya mulai berjalan dan tidak terasa sekarang sudah 1 tahun lebih saya menjalankan usaha saya ini. Walaupun jujur masih banyak sekali yang harus saya pelajari tentang dunia bisnis fashion, terutama karena saya belajar secara otodidak tanpa ada background tentang fashion sebelumnya.

Nah berbicara tentang inspirasi profesi, inspirasi saya membuat usaha ini bukan berasal dari orang - orang terkenal yang sudah sukses dan namanya terkenal dimana - mana loh, yang menjadi inspirasi saya adalah keponakan - keponakan saya sendiri yang masih pada bocah - bocah :) hehe. Oleh karena itu label fashion yang sedang saya rintis saat ini adalah label fashion anak - anak.


Sabia, Lakeesha dan Athifa .. they are my inspiration :)




Saya sangat menyukai dunia anak - anak, menurut saya anak - anak itu sudah sangat lucu dengan wajah polos dan tingkah laku mereka yang apa adanya. Selain itu karena di Indonesia ini label busana anak - anak tidak seramai label busana dewasa, so akhirnya saya memutuskan untuk membuat label fashion untuk anak - anak dengan konsep simple but cute yang diberi label "inggabiakids". Alhamdulillah mendapat respon yang cukup baik hingga saat ini, walaupun konsentrasi saya masih terbagi dengan pekerjaan di kantor. Jika ditanya, memangnya gak cape punya dua profesi? tentu cape sekali :) tapi bila apa yang dikerjakan itu sesuai dengan passion kita, insyaAllah pekerjaan akan dilakukan dengan senang hati dan akan memiliki kepuasan tersendiri jika kita dapat menyelesaikannya dengan baik.

"Have the courage to follow your heart and intuition. They somehow know what you truly want to become" - Steve Jobs

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, dan itu betul adanya... Saya sedikit demi sedikit paham bahwa jalan yang ditentukan Allah untuk saya memang seharusnya seperti ini. Saya harus belajar tentang IT terlebih dahulu di perkuliahan untuk mengasah kemampuan berpikir secara logika agar saya terlatih untuk berpikiran secara logis dan terstruktur bagaikan proses pada algoritma pemograman :D hehe. Setelah itu saya bekerja sebagai system analist di sebuah perusahaan e-commerce dimana saya bisa bertemu dengan banyak orang yang mau berbagi inspirasi dan pengalamannya tentang dunia bisnis fashion. Dan saat ini saya mulai dibukakan jalannya untuk mengembangkan bisnis sendiri yang sesuai dengan passion saya. Rencana Allah memang tidak ada yang tau ya, dan untuk saat ini saya hanya bisa banyak bersyukur atas apa yang Allah berikan untuk saya dan semoga pilihan saya kedepannya nanti dimudahkan jalannya dan bisa berkah untuk diri saya sendiri dan orang lain, aamiin :)

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. “ ( QS. Al-Baqarah : 216 )

Cerita tentang inspirasi profesi saya ini diikutsertakan dalam March's IHB Blog Post Challenge . Yuk share apa yang menjadi inspirasi profesimu! ^_^


You Might Also Like

2 komentar

  1. Hai ingga.. baru baca post km ini.. brati km anak IT juga dong. Sama aku juga. Dulu pas kuliah juga pernah blg pokoknya ga mau kerja di bidang IT. Etapi dikasih rejekinya malah disitu, malah jadi programmer bala2 *ngoook :))

    Aku jg sempet buka ol shop jilbab ingga.. laris tapi keteteran ga bisa bagi waktu sama kerja akhirnya gulung tikar.. haha..

    Ternyata kita hampir mirip yaaak.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sehati kitaa diana, IT yang gak terlalu ke IT-an *halah x)
      nah itu emg PR banget bagi waktunya yaa, waktu awal2 merintis sampe weekend pun gak berasa weekend karena ngerjain inggabiakids, hehe..

      Delete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images