Cerita Kelas Inspirasi - Part 2

2:41:00 PM

Ketika briefing kelas inspirasi sebelumnya (yang sudah saya ceritakan disini..) ternyata saya dapat lokasi SD yang cukup jauh yaitu SDN Cirangrang 1 - Kopo. lumayaaaaaan cimahi - kopo itu ibarat dari ujung ke ujung, hehe. Tapi tetap gak patah semangat dong! demi adik - adik tercinta di SDN Cirangrang :) Saya juga tergabung di kelompok 38 yang terdiri dari 6 orang inspirator, 2 orang photographer dan 1 orang videographer. Profesi para inspirator pastinya berbeda - beda mulai dari seorang dokter gigi, reporter radio berita, insinyur simulasi, koki, dosen bahasa inggris dan saya sendiri sebagai IT analist. Alhamdulillah walaupun setiap anggota kelompok memiliki kesibukan masing - masing tapi semua aktif dan saling bekerja sama di grup WA yang kami buat.

Pada hari persiapan sebelum hari - H, kelompok kami memutuskan untuk menyiapkan kain yang nanti akan ditempel sticker bintang - bintang yang berisi cita - cita atau mimpi mereka, kami menyebutnya "Bintang Harapan" :) selain itu kami juga menyiapkan seikat balon gas untuk acara penutupan nanti yang akan diterbangkan bersama dengan semua anak - anak SDN Cirangrang 1. nah seperti ini penampakan Bintang Harapan SDN Cirangrang...

Bintang Harapan SDN Cirangrang 1
Bagaimana dengan persiapan bahan ajar untuk saya ngajar nanti ??? nah ini yang bikin bingung banget, hihihi.. soalnya profesi saya (IT analist) sepertinya belum dikenal oleh anak SD dan sulit menceritakan intinya karena akan banyak menggunakan bahasa teknis dan pastinya bakalan bikin anak SD bingung :p
Akhirnyaaa saya memutuskan lebih fokus ke gambaran umumnya saja. Berhubung bidang IT yang saya dalami adalah E-Commerce atau lebih familiar disebut dengan website online shop, maka yang saya siapkan pertama adalah laptop dan modem karena nanti akan saya demokan website online shop dummy milik kantor untuk percobaan, hehe. selain itu saya juga mencetak gambar - gambar yang menunjukan perbedaan antara toko biasa dan toko online agar anak - anak SD lebih paham jika menggunakan gambaran yang konkrit tentang suatu materi (begitu kira - kira tips pada saat briefing). Selain itu, untuk hiburan saya membuat DIY Puzzle untuk fun games agar anak - anak tidak bosan di kelas nanti.

DIY Puzzle
Tibalah saat hari inspirasi...
Saya harus bangun pagi - pagi sekali karena selain akan menempuh perjalanan yang cukup jauh ke daerah kopo, saya juga harus menyesuaikan jam masuk anak - anak SD yaitu jam 7 pagi. Untuk hari inspirasi ini saya kebagian mengajar 3 kelas yaitu kelas 1, 4 dan 6. Jujur yang bikin paling grogi adalah ngajar di kelas 1, kepikiran apa saya bisa ya membuat suasana yang kondusif di kelas 1 nanti ? heheu. Tapi kebanyakan mikir ternyata malah bikin gak fokus, yaudahlah kita lihat nanti saja, yang penting jangan lupa baca bismillah :)

Pengalaman ngajar di kelas seruuu banget ternyata! saya gak nyangka saya bisa juga ngajar anak - anak SD tapi jangan dibandingkan dengan guru aslinya yaa, pasti saya kalah jauh. Gak nyangka yang namanya jaim (jaga image), malu dan lain sebagainya sama sekali gak muncul loh, anak - anak sangat mudah membaur dan saya bisa juga ternyata joget - joget  main games didepan kelas supaya suasana kelas jadi rame dan anak - anak fokus merhatiin orang yang bicara di depan, hehehe. Dan sesuai perkiraan saya ketika saya tanya tentang profesi saya mereka serempak menjawab tidak tau :)

Saya : "Ada yang tau profesi IT Analist ?"
Anak - Anak : "Engggaaaaaa" (menjawab dengan serentak)
------------------------------------------------------------------------------
Saya : "Ada yang tau apa itu internet ?"
Anak - Anak : "Engggaaaaa"
Saya : "Ada yang tau apa itu facebook ?"
Anak - Anak : Tau kak! Saya punya facebook #hadeuh

Ya begitulah realita kehidupan anak - anak jaman sekarang, terkadang teknologi digunakan untuk hal - hal yang kurang bermanfaat. Semoga dengan penjelasan saya kemarin, sedikit membuka wawasan mereka bahwa teknologi khususnya internet sangat bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat. Tapi Alhamdulillah murid SDN Cirangrang 1 adalah anak - anak yang baik dan sangat bisa bekerja sama dalam kegiatan kelas inspirasi kemarin. Mereka juga sangat excited dan walaupun ada yang agak nakal tapi masih sebatas kenakalan anak - anak yang wajar. Yang lucu adalah ketika selesai mengisi kelas, para inspirator diminta foto bareng bahkan diminta tanda tangan, hahaha berasa jadi artis sehari x)

foto bareng Marwah - siswi kelas 6
tanda tangan para inspirator


Terakhir saya mengucapkan terimakasih banyak untuk semua anggota kelompok 38 dan SDN Cirangrang 1, semuanya sangat  all out dan seru! semoga silaturahmi kita tidak sebatas sampai kelas inspirasi ini saja yaa, aamiin :) dan untuk yang ingin ikut kelas inspirasi selanjutnya juga semoga semakin dimantapkan hatinya untuk daftar di kelas inspirasi bandung 4 atau kelas inspirasi di kota - kota lainnya, Selamat menginspirasi semua! 

selfie tetep gak boleh kelupaan :p

closing

seru - seruan di lapangan

tim dokumentasi SDN Cirangrang 1
terimakasih teman - teman :)

 
Kelas Inspirasi - Membangun Mimpi Anak Indonesia


You Might Also Like

2 komentar

  1. Aaak...
    Teh Ingga, Jadi kangen tim deh hihi
    Yang tahun ini ikutan nggak? Alma lagi struggling jadi belom bisa gabung deh, padahal pengen banget.

    Suka deh tulisannya^^

    ReplyDelete
  2. @Alma Prisilya: almaa.. iya kangen banget nih, inshaAllah pengen ikutan lagi. wah seneng bgt tulisannya dibaca sama ibu dosen x) semangat alma!

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images